nyedulur.com

TTL Dorong Shipping Line Mempercepat Evakuasi MV Mentari Crystal

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Pelindo III.

PT Terminal Teluk Lamong terus melakukan percepatan pengangkatan bangkai kapal MV Mentari Crystal. Sejauh ini anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III telah melakukan pengangkatan peti kemas yang tenggelam di dermaga domestik.

Direktur Utama Terminal Teluk Lamong (TTL), Faruq Hidayat dalam keterangannya mengatakan bahwa evakuasi bangkai kapal harus secetapnya dilakukan. Sebab TTL merupakan salah satu penyangga kelancaraan logistik nasional.

“Sebagai bagian dari pelabuhan di Tanjung Perak, saat ini kami mendapat tekanan dari segi operasional, akibat semakin padatnya jadwal kedatangan kapal,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa 26 Januari 2021.

Dia berharap PT Mentari Mas Multimoda, selaku pemilik kapal, dapat segera menyelesaikan evakuasi ini. Dengan demikian, kelancaran bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak segera beroperasi dengan kapasitas normal.

Proses percepatan evakuasi lanjutan ini diharapkan bisa dilakukan pemilik kapal, yakni PT Mentari Mas Multimoda. Shipping line tersebut bertanggung jawab atas insiden tenggelamnya kapal pada 15 November 2020 lalu.

PT Mentari Mas Multimoda selaku pemilik kapal menegaskan komitmen dan tangung jawab melakukan evakuasi kapal. Pihak perusahaan juga telah menunjuk tim khusus dari eksternal untuk melakukan evakuasi.

Perwakilan dari PT Mentari Mas Multimoda, Anthony mengakui proses pembersihan kolam TTL akan dipercepat. Namun pihaknya tetap memperhatikan faktor keselamatan dan potensi pencemaran lingkungan.

“PT Mentari Mas Multimoda akan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh pembiayaan yang diperlukan, mulai dari proses evakuasi hingga kerugian lain akibat insiden ini,” Anthony menjelaskan.

Artikel Lainnya