nyedulur.com

TMI CC Kampanyekan Gowes untuk Pulih, Bukan Sekadar Lifestyle dan Pamer Merek Sepeda

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

SUmber Foto: Mainsepeda.id

Masih sedikit komunitas sepeda menggalang kampanye kesehatan. Terlebih bagi korban kecelakaan yang menyebabkan mental terganggu. Bahkan tidak sedikit yang melakukan suicide attempt!

Itulah misi yang diusung Too Much Idea Cycling Cult (TMI CC). Mereka gowes dengan harapan tersedianya akses layanan kesehatan mental yang mudah dijangkau semua kalangan.

Dikutip dari Main Sepeda, misi itu dikemas dalam ‘Gowes untuk Pulih’. Komunitas sepeda ini telah mengayuh pedal dari Jakarta menuju Bali. Jaraknya cukup jauh, 1.200 kilometer!

“Kami semua anak-anak muda punya banyak tekanan dari luar. Ada yang diam dan menyimpannya sendiri, ada yang di-share ke orang lain. Sampai akhirnya ada beberapa teman kami yang terkena suicide attempt. Sementara layanan konseling cukup susah dan mahal,” kata Akbar Darmansyah, leader TMI CC.

Misi ini tak lepas dari pengalaman pahit yang dia derita. Saat itu dia sedang gowes salah satu penginapan di Jajag, Banyuwangi.

Kala itu Banyuwangi baru saja diguyur hujan, sehingga jalanan menjadi sangat licin. Sekitar 17 kilometer sebelum penginapan, Akbar jatuh dari sepeda. Dia mencium aspal setelah roda depannya terperosok di lubang jalan.

Akbar langsung dilarikan ke rumah sakit di Banyuwangi. Dia mengalami patah tulang selangka di bahunya. Oleh sang ayah yang berprofesi sebagai dokter, Akbar dikirim ke rumah sakit di Jember. Setelah itu ia dijemput dan dibawa pulang ke Jakarta.

“Saya mau membuat kampanye agar kesehatan mental ini lumrah untuk dibicarakan. Sebenarnya hal ini penting dan ini adalah masalah yang harus diperbaiki sama-sama. Apalagi layanan konselingnya,” imbuh alumnus Universitas Indonesia itu.

Sebelumnya, Akbar bersama dua rekan menggelar "Gowes untuk Pulih" sejauh 600 kilometer dari Jakarta ke Yogyakarta. Kegiatan itu dilakukan pada 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021 lalu,

Mengapa bersepeda? Veska Dinda, salah satu member TMI CC dan peserta Gowes untuk Pulih memiliki alasan yang berbeda. Tapi tujuannya sama. Ini penjelasannya.

Artikel Lainnya