Tips Mudah Membuat Meal Prep untuk Menu Sahur dan Buka Puasa, Bisa Hemat Waktu

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: The Daily Crisp.

Bangun lebih awal untuk menyiapkan makan sahur bisa membuat malas. Terlebih rasa letih akibat akivitas sehari sebelumnya, membuat sulit meninggalkan tempat tidur.

Sejatinya ada cara yang paling mudah. Yakni meal preparation istilah kerennya meal prep atau menyiapkan makanan. Cara ini cukup jitu diterapkan pada bulan puasa seperti ini. Apa itu meal prep?

Melansir CNN Indonesia, meal prep adalah konsep menyiapkan makanan atau hidangan secara terjadwal. Bukan sekadar menyiapkan makanan biasa, tapi menyuguhkan makanan sehat.

Memiliki menu makanan yang terjadwal bisa membantu mengukur seberapa banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Meal prep belakangan ini populer karena ternyata bisa menghemat banyak waktu.

Anda juga bisa mempersiapkan bahan-bahan makanan untuk meal-prep seminggu ke depan, sehingga tak boros belanja bahan makanan.

Namun membuat meal prep mungkin sulit karena tak terbiasa. Anda bisa melewatkan beberapa menu makanan yang bergizi dalam meal prep khusus Ramadan. Itu sebabnya, sebaiknya Anda tahu cara menyusun meal prep yang baik dan benar.

Influencer dan Promotor Healthy Food Adetya Hutami dalam webinar bersama Nutrifood, menyampaikan beberapa tips untuk membuat meal prep.

Menurut Adetya, sebelum membuat meal prep, sebaiknya membuat daftar jenis makanan berdasarkan sumber nutrisinya.

Misalnya untuk kebutuhan akan karbohidrat, Anda bisa memasukkan nasi putih, nasi merah, kentang, oatmeal, roti gandum, ke dalam daftar makanan pokok mengandung karbohidrat.

Kemudian Anda bisa membuat daftar makanan mengandung protein, seperti daging ayam, daging sapi, tempe, tahu, udang, ikan, telur, dan sumber protein lainnya.

Hal itu bertujuan agar menu makanan sesuai empat sehat lima sempurna dan memiliki variasi.

“Kalau meal prep agar tidak monoton biasanya saya klasifikasikan jenis makanannya. Pertama bisa susun dari proteinnya apa aja, dan sayurannya apa, lemak juga apa, semua jenisnya disusun dulu," katanya.

Jika biasanya dalam meal prep ada menu sarapan, menu makan siang, camilan sore, dan makan malam, Anda harus mengubahnya di bulan Ramadan.

Ketika bulan Ramadan, meal prep Anda sebaiknya terdiri atas tiga menu dalam sehari, yakni menu sahur, menu takjil atau hidangan berbuka, dan menu makan malam.

Artikel Lainnya