Timnas Indonesia Tenggelam di Dubai, Dihajar Vietnam Empat Gol Tanpa Balas, Shin Tae-yong Beber Fakta

Nyedulur
  • 14 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: PSSI.

Timnas Garuda gagal mendulang poin dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022. Gawang anak didik Shin Tae-yong itu malah dibobol empat gol oleh Vietnam. Tanpa balas!

Laga yang berlangsung di Al-Maktoum Stadium, Dubai, Uni Emirates Arab, Senin 7 Juni 2021 benar-benar antiklimaks. Sebab, tim ini baru saja menahan imbang 2-2 saat melawan Thailand, 3 Juni 2021 lalu.

Tentu hasil ini buruk ini membuat Indonesia terpaku di dasar klasemen sementara Grup G, kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Garuda belum sekalipun memetik kemenangan dari tujuh pertandingan. 

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong menilai gol perdana Vietnam yang dibukukan Nguyen Thien Linh menit 51 membuyarkan konsentrasi pasukannya.

“Kebobolan pertama disebabkan situasi kehilangan bola dari jauh, tetapi apa yang terjadi di area penalti benar-benar berbeda,” kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu justru menuding kepempinan wasit yang salah menganalisa saat terjadinya gol pertama. Dia menuding wasit berada di dekat bola, namun tidak bisa menganalisa proses.

Meski demikian, dia masih memuji penampilan anak didiknya. Meskipun tertinggal 4-0 dan waktu sudah semakin habis, perjuangan yang tidak kenal lelah.

Ini terbukti hingga paruh babak pertama, gawang Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata masih perawan. Namun memasuki babak kedua, empat kali dia memungut bola di dalam gawang.

“Dalam pertandingan ini, pemain sebenarnya telah bermain dengan energi seratus persen,” lanjut Shin Tae-yong.

Sementara tiga pencetak gol Vietnam lainnya, Nguyen Quang Hai (menit 62), Ngyun Cong Phuong (67), dan Vuv Van Thanh (74).

Artikel Lainnya