Tidak Mengejutkan, Risma Gusur Juliari Batubara, Sandiaga Uno Gantikan Whisnutama, Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tempo.

Presiden Joko Widodo mengumumkan pergantian menteri atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju (KIM). Terdapat tiga nama yang selama ini digadang-gadang masuk sebagai kandidat Menteri.

Mereka adalah Tri Rismaharini, Sandiaga Uno dan Gus Yaqut atau Yaqut Cholil Qoumas. Rismaharini ditunjuk menjadi Menteri Sosial untuk mengisi pos yang ditinggalkan Juliari Batubara setelah digasak KPK akibat dugaan korupsi bantuan sosial Covid-19.

“Bapak dan ibu, saudara-saudara sebangsa setanah air, sore yang berbahagia ini, saya dan wapres mengumumkan menteri-menteri baru,” kata Presiden Jokowi, Selasa 22 Desember 2020.

Mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno ditunjuk menggantikan Whisnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Adapun Gus Yaqut menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama.

Nama lain yang ditunjuk sebagai menteri KIM adalah Sakti Wahyu Trenggono menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Kemudian Agus Suparmanto digantikan Muhammad Lutfhi untuk menduduki Menteri Perdagangan.

Nama terakhir yang terdepak adalah Terawan Agus Putranto. Tidak mengejutkan terdepaknya Terawan sebagai Menteri Kesehatan lantaran kemampuannya menangani pandemi Covid-19. Dia akan digantikan Budi Gunadi Sadikin.

Artikel Lainnya