Tidak Hanya Segar, Resep Minuman Ini Bisa Diaplikasikan, Dapat Turunkan Gejala Asam Lambung

Nyedulur
  • 24 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Naiknya asam lambung kerap menimbulkan rasa tak nyaman. Misalnya nyeri pada ulu hati atau mulas pada area dada bagian bawah.

Biasanya tingginya asam lambung dipicu beberapa faktor. Salah satunya dari makanan. Tapi stres juga bisa memicu naiknya asam lambung.

Jangan khawatir. Tingginya asam lambung bisa diturunkan dengan cara menjalankan pola hidup sehat. Tapi ingat, tetap minum obat dan konsultasi ke dokter bila perut masih terasa nyeri karena asam lambung.

Sebetulnya asam lambung juga bisa diatasi dengan beberapa minuman herbal. Kumparan mencatat beberapa bahan bisa diaplikasikan untuk pereda asam lambung.

Teh herbal dapat meningkatkan pencernaan dan menenangkan masalah pencernaan, seperti gas serta mual. Jenis teh herbal yang terbuat dari chamomile atau licorice, bisa jadi pilihan untuk menenangkan gejala asam lambung naik.

Supaya efeknya lebih maksimal, konsumsi teh herbal tersebut dua sampai empat cangkir per hari. Hanya saja, hindari untuk mengonsumsi teh peppermint atau spearmint, karena bisa memperparah asam lambung.

Bagi orang-orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa atau mengalami peningkatan asam lambung akibat susu sapi, lebih baik memilih susu almond sebagai alternatifnya.

Susu almond mengandung komposisi alkalin yang bisa menetralisir asam pada perut dan meredakan gejala asam lambung. Selain susu almond, susu kedelai juga bisa jadi pilihan susu lainnya yang aman bagi penderita asam lambung.

Selain itu, air kelapa murni juga bisa menjadi pilihan minuman terbaik bagi penderita asam lambung. Minuman ini kaya akan elektrolit seperti potasium, yang dapat menyeimbangkan pH dalam tubuh. Sehingga, produksi asam lambung dapat terkendali.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 yang dipublikasikan dalam Journal of Traditional Chinese Medicine menemukan, jus lidah buaya murni dapat menjadi pengobatan yang aman dan efektif untuk mengurangi gejala asam lambung.

Dalam studi tersebut juga disebutkan, konsumsi jus lidah buaya murni dapat meredakan gejala naiknya asam lambung tanpa efek samping tertentu. Bahkan, dalam beberapa kasus, minuman ini lebih manjur ketimbang jenis pengobatan tradisional lainnya.

Artikel Lainnya