Tidak hanya Buah, Daun Pepaya Punya Manfaat untuk Kesehatan, Tapi Berisiko Jika Berlebihan Dikonsumsi

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Klik Dokter.

Pepaya tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi. Daunnya juga bisa dimakan. Malahan memiliki manfaat untuk kesehatan yang cukup bagus.

Terlebih sejumlah masyarakat di desa kerap memanfaatkan daun pepaya sebagai sayur. Sebut saja uap-urap, lalapan, tumis, bahkan dijadikan sayur untuk pecel.

Buah yang memiliki tekstur lembut ini terkenal kaya akan kandungan nutrisi. Mulai dari kalsium, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E, K, dan antioksidan karotenoid jenis likopen.

Untuk daun papaya, memiliki manfaat untuk mengatasi gejala demam berdarah, memperlancar fungsi pencernaan, hingga menyehatkan kulit.

Mengutip Kompas, masih perlu dilakukan penelitian lebih banyak tentang manfaat daun pepaya. Tetapi, sebenarnya daun pepaya cenderung aman dikonsumsi. Jadi Anda tak perlu khawatir.

Melansir Healthline, sebuah penelitian terhadap hewan pada 2014 menemukan bahwa daun pepaya tidak memiliki efek toksik. Bahkan pada dosis yang sangat besar.

Sementara penelitian pada manusia melaporkan sangat sedikit efek samping negatif yang muncul. Konon, jika kita alergi pepaya, sebaiknya jangan mengonsumsi daunnya dalam bentuk apapun.

Selain itu, bagi perempuan yang sedang hamil atau menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, sebelum mengonsumsi olahan daun pepaya.

Saat ini belum cukup bukti rekomendasi dosis yang tepat untuk konsumsi daun pepaya.

Namun, mengonsumsi sekitar 30 mililiter ekstrak daun pepaya per hari dianggap aman dan efektif untuk pengobatan demam berdarah.

Sedangkan menurut SehatQ, konsumsi terlalu banyak daun pepaya membuat papain yang masuk ke tenggorokan berpotensi merusak esofagus (tabung di tenggorokan).

Sementara pada kulit, menempelkan daun pepaya, yang memang mengandung papain, bisa mengakibatkan iritasi pada penderita kulit sensitif.

Bagi ibu hamil, konsumsi daun pepaya hanya boleh dalam keadaan matang. Pepaya bisa diolah dengan beberapa cara, seperti dikukus, direbus, dan lainnya.

Mengapa hanya boleh dikonsumsi dalam keadaan matang? Sebab, daun pepaya mentah terbukti dapat meracuni janin dan menyebabkan cacat bawaan lahir.

Artikel Lainnya