Tidak Banyak yang Tahu, Teh Kunyit Berfungsi Mencegah Kerusakan Hati

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Sudah banyak yang tahu manfaat kunyit. Rempah-rempah ini bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Misalnya sebagai pelengkap sekaligus penyedap soto ayam maupu daging. Masakan lain juga kerap menggunakan empon-empon ini.

Oh iya, tanaman ini sebetulnya juga memiliki manfat besar bagi kesehatan. Kandungan curcumin atau kurkumin yang bisa mencegah radang, pilek, dan bisa mengobati bekas luka.

Kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai obat anti inflamasi dan antioksidan. Terkadang obat herbal ini bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul, tablet maupun teh.

Dilansir dari Tempo kunyit bisa dicampurkan dengan teh. Teh kunyit dibuat dengan menyeduh parutan akar kunyit atau bubuk kunyit.

Minuman ini juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain seperti jahe, lemon, madu dan merica untuk meningkatkan rasa dan profil nutrisi.

Sebuah studi pada 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Foods menunjukkan bahwa mengonsumsi kunyit dengan lada hitam meningkatkan penyerapan curcumin hingga 2.000 persen.

Curcumin adalah senyawa aktif dalam kunyit yang dikenal dengan efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Manfaatnya jika dijadikan campuran teh cukup besar.

Minuman ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat sifat antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antimikroba.

Ketiganya mampu melawan infeksi bakteri atau virus. Teh kunyit umumnya digunakan sebagai obat untuk mengobati flu dan pilek. Sifat antiinflamasi yang kuat, bisa membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita arthritis.

Teh kunyit juga dapat menurunkan kolestrol dan mencegah kerusakan hati. Bukan hati yang sedang galau.

Artikel Lainnya