nyedulur.com

Terungkap, Lidah Kucing Tidak Bisa Merasakan Manis, Ada yang Tahu?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kitty Catter.

Coba amati tingkah pola kucing di rumah Anda. Tingkah binatang peliharaan ini kerap membuat berantakan isi rumah. Tak jarang mencuri makanan jika lapar, dan majikan tidak segera memberi makanan.

Ada tingkah lain yang kerap dilakukan kucing. Dia kerap menyikat kulit dan meyisir bulu dengan lidahnya. Ada banyak lagi tingkahnya yang terkadang lucu.

Tapi tidak banyak yang menyaksikan tingkah kucing saat makan. Lidah kucing misalnya. Bentuknya unik, karena memiliki permukaan yang kasar. Sepintas seperti duri kecil yang melengkung ke belakang. Itu namanya papilla.

Ngomong-ngomong soal papilla nih, memiliki fungsi untuk menahan air ketika minum dan mencengkeram makanan. Diketahui jika lidah kucing nggak bisa merasakan makanan manis.

Dikutip laman NPR.org melalui Liputan6, beberapa ilmuwan membuktikan bahwa kucing adalah salah satu hewan karnivora yang tak memiliki indera perasa manis.

Richard Knox dari NPR, yang juga penulis jurnal Public Library of Science Genetics menjelaskan bahwa kucing berevolusi. Buktinya, satu dari dua gen yang diperlukan untuk membuat reseptor rasa manis 'dimatikan' permanen sejak jutaan tahun lalu.

Hal tersebut disepakati Direktur Monell Chemical Senses Center, Gary Beauchamp. Ya, Gary menjelaskan bahwa rasa manis dianggap telah berevolusi sebagai cara untuk mendeteksi tanaman yang tinggi kalori dan vitamin.

Oleh karena itu sebenarnya sebagian besar spesies di bumi ini menyukai manis sebagai penanda atau sinyal apakah rasa tersebut berguna untuk tubuh. Manis?

Artikel Lainnya