Ternyata Sosok yang Mengaku Nabi ke-26 sudah Tinggalkan RI sejak 2018, Padahal Dia Adalah....

Nyedulur
  • 21 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Tangkapan Layar.

Nama Jozeph Paul Zhang tiba-tiba mencuat. Dia menjadi buah bibir warganet Indonesia setelah menghina umat muslim dan mengaku sebagai nabi ke-26.

Namun keberadaannya bak ditelan bumi. Dia menghilang dan diduga sudah meninggalkan RI sejak 2018 silam. Sepanjang tiga tahun terakhir ini dia dilaporkan bersembunyi di Hong Kong.

Mengutip Kumparan, Jozeph disebut meninggalkan Indonesia pada 11 Januari 2018. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Kabag Humas Ditjen Imigrasi, Arya Pradhana Anggakar.

Dia menyebut berdasarkan dari database perlintasan imigrasi, Jozeph diketahui berada di Hong Kong. Bahkan Jozeph juga bukan nama aslinya.

“Berdasarkan informasi dari database perlintasan Imigrasi, WNI atas nama Shindy Paul Soerjomoeljono, atau yang dikenal masyarakat sebagai Joseph Paul Zhang, terakhir kali meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong pada 11 Januari 2018,” kata Arya mengutip Kumpara, Senin 19 April 2021.

Arya menuturkan, pihaknya telah menyerahkan data itu ke Bareskrim Polri untuk mempermudah penyelidikan.

“Proses investigasi akan dilanjutkan oleh Bareskrim sebagai pihak yang berwenang dalam penanganan perkara ini,” ujar Arya.

Sebelumnya, Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, keberadaan Jozeph di luar negeri tak akan menghalangi penyidikan. Pihaknya akan menerbitkan daftar DPO agar Jozeph dideportasi.

“Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau nggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan. DPO nanti akan diterbitkan,” kata Agus lewat keterangannya, Minggu 18 April 2021.

Video Jozeph Paul Zhang sempat viral. Dia menyampaikan berbagai komentar yang diduga kuat mengandung penistaan agama. Salah satunya, menyebut dirinya sebagai nabi ke-26.

Artikel Lainnya