Ternyata, Indonesia Punya Gurun Pasir, Tak Kalah Indah dengan Sahara, Penasaran dengan Lokasinya? Cantik Banget

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Instagram.

Gurun Sahara merupakan padang pasir terbesar di dunia. Lokasinya membentang dari Mauritania hingga ke Mesir. Luasnya mencapai 9 juta kilometer persegi.

Selain itu, gurun yang terletak di utara Afrika ini juga terkenal akan iklim panas terbesar antara Arktrik dan Antartika. Bisa dibayangkan.

Tapi gurun Sahara tidak hanya di Afrika. Indonesia juga punya. Meskipun tak seluas dan tak sepanas di Afrika, tapi bisa menarik perhatian warganet. Bisa menghipnotis.

Gurun pasir yang dimaksut adalah Gumuk Pasir Tungtung Karang di Desa Mancagahar, Kecamatan Pemeungpeuk, Kabupaten Garut.

Dilansir dari Kompas, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut, Bambang Heri Susanto, mengatakan bahwa tempat wisata tersebut masuk kawasan Pantai Sayang Heulang.

“Itu ada di kawasan pantai. Jadi, Sayang Heulang garis pantainya lima kilometer. Gumuk pasir itu di ujung timurnya,” tutur dia yang dikutip dari Kompas.

Bambang menjelaskan, gumuk pasir tersebut secara alami tanpa campur tangan manusia sehingga membuatnya terlihat menarik.

Gumuk pasir yang bikin takjub seorang pelancong asal Bandung bernama Hadi Wibowo. Dia mengatakan pda Selasa, bahwa sempat berkunjung ke Gumuk Pasir Tungtung Karang sekitar 2-3 tahun lalu.

Tempat wisata tersebut adalah salah satu yang termasuk rute perjalanan road trip Bandung-Pangalengan-Garut Selatan miliknya.

Setibanya di Garut Selatan, Hadi menginap di Pantai Santolo dan bergegas ke Pantai Sayang Heulang pada Minggu pukul 05.00 WIB untuk berburu matahari terbit di Bukit Teletubbies.

“Sekitar pukul 07.00 WIB menuju pantai untuk bermain air. Karena melihat orang-orang berjalan menuju ke arah timur, akhirnya saya memutuskan untuk ikut menyusuri pantai,” kata Hadi.

Setelah menghabiskan waktu sekitar 10 menit untuk menyusuri pantai, dia melihat gumukan pasir yang dikunjungi orang-orang tersebut.

“Gumuk pasirnya terbilang cukup luas. Banyak spot instagramable. Orang-orang takjub dan tidak mengira di Garut Selatan ada gumuk pasir dengan pemandangan laut lepas yang indah. Enggak perlu jauh-jauh ke Jogja,” sambung dia.

Kegiatan wisata di Gumuk Pasir Tungtung Karang Selama berada di sana, Hadi menceritakan, banyak wisatawan yang berswafoto, menerbangkan drone, dan bermain pasir.

Artikel Lainnya