Ternyata Air Putih Banyak Manfaatnya, Tidak hanya Menjaga Hidrasi, Bisa Atasi Gangguan Pencernaan

Nyedulur
  • 22 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Anderson Rian/Unsplash.

Gangguan pencernaan bisa menyerang kapan saja. Tanpa disadari masalah ini bisa menyebabkan ingin buang air besar. Masalah ini bisa mengganggu aktivitas dan orang di sekitar bisa turut terganggu.

Sebetulnya masalah pencernaan sangat umum terjadi. Tapi bukan berarti tidak ada jalan. Mengutip CNN Indonesia untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus mengubah pola makan dan gaya hidup yang positif.

Tidak perlu panik mengatasi masalah pencernaan. Juga tidak harus membeli obat-obatan di apotek. Bisa jadi obat yang dijual di apotek belum tentu aman untuk lambung, terutama bagi penderita tukak lambung.

Berikut beberapa cara alami mengatasi masalah pencernaan yang bisa dicoba.

Serat merupakan zat yang membantu melancarkan kerja sistem pencernaan. Mengonsumsi banyak sayuran dan buah juga bisa jadi andalan jika mengalami sembelit atau diare.

Anda bisa mengonsumsi makanan berserat tinggi dari buah-buahan seperti pepaya, apel, dan pir. Juga perbanyak konsumsi sayuran hijau sejenis sawi-sawian.

Minum air rebusan jahe bisa bekerja meredakan beberapa masalah perut seperti mual, muntah, mulas, dan kembung.

Air jahe juga terbukti bisa meredakan gejala mual dan muntah pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi. Namun konsumsi air jahe tidak disarankan bagi wanita hamil karena meningkatkan risiko keguguran.

Sebagaimana dilansir Healthline, tetap terhidrasi dengan minum banyak air putih bisa meredakan masalah pencernaan seperti diare, dan muntah. Minum cukup air juga bisa meredakan sembelit.

Para ahli merekomendasikan minum 1,5 hingga 2 liter air per hari untuk meredakan sembelit. Cara lain untuk membantu asupan cairan pada tubuh adalah dengan mengonsumsi sayuran atau buah yang mengandung air.

Namun sebaiknya kunjungi dokter jika gejala tidak mereda. Dokter akan meresepkan obat yang cocok untuk masalah pencernaan.

Masalah pencernaan bisa dihindari dengan menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari makan makanan sehat bergizi seimbang, teratur berolahraga, dan mengelola stress dapat membantu tubuh terhindari dari masalah pencernaan.

Selain empat cara di atas, tidak makan sebelum tidur juga bisa menghindari kembung pada pagi hari. Menghindari konsumsi alkohol dan merokok juga akan sangat membantu.

Artikel Lainnya