Ternyata Ada Cara Taktis Cegah Kucing Garuk Sofa, Maknanya Luar Biasa

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Americane Humane.

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa hewan berkumis ini bisa membuat majikannya geregetan.

Yaps, apalagi kalau bukan karena tingkah lakunya yang nggak bisa diam. Berlari, menggaruk-garuk, mencuri makanan, hingga mencakar furniture di rumah. Seperti sofa, karpet, pintu, dan masih banyak lagi.

Bagi manusia, kucing yang mencakar ragam furnitur mungkin terlihat sebuah tindakan atau kebiasaan yang merusak, tetapi tidak bagi kucing. Karena, aktivitas menggaruk adalah hal yang diperlukan oleh kucing.

Kucing mungkin tidak terus menerus menggaruk di tempat yang sama. Dia pasti akan mencari tempat lain sebagai sasaran anyar.

Tapi sebelum mencari tahu, ada cara mencegah kucing menggaruk sofa. Coba kita cari tahu mengapa aktivitas menggaruk itu baik untuk kucing.

Menggaruk bagi kucing membantunya meregangkan otot dan melepaskan ketegangan di tubuh atau melepaskan stres.

Saat menggaruk, tubuh kucing melepaskan hormon yang membuatnya merasa lebih baik. Kebiasaan tersebut juga sebagai penandaan wilayah.

Lalu bagaimana cara mencegah kucing menggaruk ujung sofa dan kursi? Berikut informasi yang sudah dirangkum dari Bobo.

Kucing tidak suka dengan wangi yang menyengat, karena dia punya indra penciuman yang tajam. Karenanya kucing tidak suka wangi kulit buah jeruk, parfum, pengharum raungan, atau mentol.

Nah, Anda bisa menyemprotkan aroma itu di sudut-sudut sofa atau kursi yang tidak boleh digaruk kucing.

Tapi jangan berlebihan menyemprotkan aroma yang tidak disukai kucing, ya. Ingat, penciuman kucing berbeda dari kita, sehingga dia bisa terganggu.

Jika Anda membuat sofa menjadi tempat yang tidak disukai kucing, sebaiknya sediakan tempat menggaruk alternatif untuk si kucing.

Kita bisa menyediakan tiang garuk atau karpet garuk khusus kucing. Kita juga bisa membuatnya sendiri, lho. Misalnya dari kayu atau kardus bekas yang cukup kokoh dan dililit dengan tali tambang. Banyak caranya, kok.

Artikel Lainnya