nyedulur.com

Teriakkan 'Kami Bersamamu Habib Rizieq', Anggota TNI AD Langsung Dipenjara 14 Hari, Dianggap Langgar Kedinasan

Kumparan
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Kodam Jaya telah menjatuhkan sanksi kepada anggota Kompi A Yonzikon 11. Anggota bernama Kopda Asyari Tri Yudha itu ditahan kurang lebih 14 hari.

Penahanan itu buntut dari dukungannya kepada Habib Rizieq Shihab. Saat itu Kopda Asyari meneriakkan 'Kami Bersamamu Habib Rizieq' saat melalukan pengamanan kepulangan petinggi FPI, Selasa 10 November 2020 lalu. Teriakan itu kemudian diunggah ke media sosial dan jadi viral.

“Viralnya anggota Zipur II/Durdhaga Wighra, personel tersebut mendapatkan hukuman disiplin militer berupa penahanan ringan sampai dengan 14 hari,” kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman, dikutip dari Kumparan, Kamis 12 November 2020.

Dia menambahkan bahwa penahanan itu dianggap tidak menaati perintah kedinasan. Yakni berkaitan dengan larangan penyalahgunaan sosial media oleh Prajurit TNI AD dan keluarganya.

Dalam kesempatan itu, Dudung juga mengingatkan seluruh prajurit untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Biar bagaimana pun, prajurit terikat aturan dinas dan tidak bisa sembarangan mengunggah konten ke media sosial.

“Tidak ada lagi yang meng-upload foto atau video yang dapat mengakibatkan tercemarnya nama baik, terutama instansi TNI, Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan medsos, jangan sampai terjerat UU ITE,” tambah dia.

Kopda Asyari dihukum dianggap melanggar UU ITE. Berikut bunyinya.

Artikel Lainnya