Tercatat MURI, Ini Tiga Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ruas Pekdum Bisa Lihat Gajah dan Beruang

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Hutama Karya.

Pemerintah terus memperbaiki infrastruktur di seluruh daerah. Salah satunya pembangunan jalan tol yang meliputi Jalan Tol Trans Sumara (JTTS), Trans Jawa, hingga Papua gencar dibangun sejak tahun 2015.

Dampaknya cukup bagus. Jalan tol di Indonesia hingga 2020 telah mencapai 2.346 kilometer. Adapun target Rencana Strategis (Renstra) Kementerian PUPR tahun 2019--2024 adalah membangun 2.500 kilometer jalan tol baru.

Mengutip Good News From Indonesia, ke depannya, panjang jalan tol operasional di tahun 2024 akan mencapai 4.500 kilometer. Keren, kan!

Terdapat tiga ruas jalan tol yang dinobatkan sebagai ruas tol terpanjang di Indonesia sejak tahun 1987 hingga 2021. Menariknya, tiga ruas jalan tol seluruhnya berada di Pulau Sumatra.

Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) ini tercatat dalam Museum Rekor Inonesia (MURI), sebagai yang terpanjang. Pemerintah membangun jalan tol ini sepanjang 189 kilometer. 

Sejak diresmikan Presiden Joko Widodo pada November 2019, ruas ini membentang dari Kabupaten Lampung Tengah (Lampung) hingga Kabupaten Ogan Komering Ilir (Sumatra Selatan).

Beroperasinya Jalan Tol Terpeka ini akan memangkas waktu tempuh dari Palembang menuju Lampung yang tadinya 10 jam hanya tiga jam! Wow.

Terpanjang kedua ditempat ruas tol Bakter atau Bakauheni-Terbanggi Besar. Juga diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2019, dengan total panjang 141 kilometer.

Titik 0 kilometer pada jalan tol Trans Sumatra berada di Jalan Tol Bakter, yang merupakan pintu masuk dari Jawa menuju Sumatra.

Posisi ketiga adalah Ruas Tol Pekanbaru-Dumai yang memiliki panjang 131 kilometer. Jalan tol ini bisa dibilang termuda lantaran dioperasikan pada September 2020 lalu.

Adapun pembangunannya memakan waktu selama dua tahun sembilan bulan. Jalan Tol ini memiliki lima terowongan perlintasan satwa, untuk pergerakan gajah dan beruang yang ada di habitatnya.

Hingga tahun 2020 lalu, JTTS yang beroperasi mencapai 647 kilometer memiliki sembilan ruas dari total keseluruhan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.987 kilometer.

Artikel Lainnya