nyedulur.com

Terapkan Integrated e-Gate System di Labuan Bajo, Pelindo III gandeng BNI, BRI, dan Bank Mandiri

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Pelindo III.

Tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah besar ke Labuan Bajo. Dalam waktu singkat, destinasi wisata di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur mengurangi peredaran uang tunai.

Langkah itu ditandai kerja sama antara Pelindo III dengan tiga bank milik negara. Ceritanya sinergi BUMN. Pelindo III bersama BNI, Bank Mandiri, dan BRI yang menerapkan integrated e-gate system.

Direktur Utama Pelindo III, U.Saefudin Noer dalam keterangan resminya menjelaskan bahwa Labuan Bajo menjadi destinasi pariwisata super premium atau DPSP. Menurutnya penetapan ini bagian dari program pemulihan ekonomi nasional di sektor pariwisata.

“Terminal Multipurpose Labuan Bajo memiliki konsep desain infrastruktur yang mengedepankan kearifan lokal, untuk mengenalkan budaya masyarakat setempat dan didukung kehadiran IT,” katanya, dalam keterangan resmi Selasa 1 Desember 2020.

Sinergi dengan tiga bank yang tergabung dalam Himbara atau himpunan bank negara itu adalah integrated e-gate system. Yakni menerapkan cashless sekaligus mencegah peredaran uang cash dan pungli.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa Terminal Multipurpose Labuan Bajo akan menjadi salah satu dari lima DPSP. Empat DPSP lainnya adalah Mandalika, Danau Toba, Likupang, dan Borobudur.

Pengembangan kawasan Labuan Bajo juga dipersiapkan sebagai tuan rumah G20 dan ASEAN Summit. Pembangunan ini diinisiasi Presiden Joko Widodo pada awal tahun dan sudah dilaksanakan sejak Agustus 2020 lalu.

“Penggunaan integrated e-gate sytem pada Terminal Multipurposes Labuan Bajo menggunakan cash dan transaction management. Dengan begitu diharapkan tidak ada pungli dan memperbaiki SLA pelayanan di ekosistem Terminal Multipurpose Labuan Bajo,” Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan.

Pada kesempatan yang sama, Dirut BRI, Sunarso mengatakan bahwa kolaborasi dengan Bank Himbara dalam hal integrated e-gate system agar semua transaksi dapat dilakukan secara cashless, efisiensi, lebih cepat dan lebih transparan.

Kerja sama Pelindo III dengan tiga Himbara dilakukan dengan menandatangani Memorandum of Collaboration (MoC) di Gedung Sinergi Lounge III Kementerian BUMN Jakarta, pada 30 November 2020.

Hadir dalam MoC ini adalah Direktur Keungan Pelindo III, Endot Endrardono; Direktur Manajemen Resiko Bank Mandiri, Ahmad Siddik Badruddin; Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN Bank BRI, Agus Noorsanto; dan Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BNI, Sis Apik Wijayanto.

Artikel Lainnya