Tempat Makan Durian yang Hits di Surabaya, Jenis Musang King Paling Diburu, Bisa Bikin Mabuk

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Nyedulur.

Kabar baik bagi pecinta durian di Surabaya. Ada tempat makan durian paling hits untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau rekan kerja.

Lokasinya bernama Rumah Durian Cemara yang berada di Jalan Mulyosari Nomor 78. Tepatnya sebelum Bank Permata, atau di kiri jalan bila Anda dari bunderan ITS Kampus Sukolilo.

Koleksi duriannya bisa memanjakan lidah pecinta buah yang dijuluki king fruit itu. Ada musang king, black thor (keduanya dari Malaysia), montong bali (Singaraja), dan montong palu (Parigi).

Keempat jenis ini yang paling banyak diburu warga Surabaya dan sekitarnya. Sebab, rasanya benar-benar lengkap memanjakan lidah.

“Nendang banget,” kata Johnie, salah satu pengunjung Rumah Durian Cemara saat dijumpai, Sabtu 27 Maret 2021 sore.

Andre, selaku pengelola Rumah Durian Cemara menyebutkan jenis musang king paling digemari.

“Rasa musang king cukup lengkap. Ada manisnya, pahit, legit, creamy, dan sedikit beralkohol,” katanya.

Dari ciri-ciri fisik musang king, lanjut Andre, bagian ujung buah flat atau datar. Tekstur durinya seperti ada bintang pada bagian ujung. Bila diletakkan pada ujung buah, bisa berdiri tegak. Tidak miring ke kanan dan ke kiri.

Soal harga, musang king dijual rata-rata Rp550 ribu per kilogramnya. Rasanya benar-benar worth it dengan harganya.

“Misal hari ini ada 40 tangkai datang, besoknya langsung habis,” Andre menambahkan.

Adapun jenis montong palu dan bali memiliki ciri fisik nyaris sama. Bijinya gepeng, dagingnya tebal, duri besar-besar, dengan bentuk tidak rata.

“Bila montong bali, rasanya cuma manis. Tapi untuk montong palu ada creamy dan sedikit pahit. Dua-duanya juga paling banyak dicari warga Surabaya,” lanjutnya.

Soal harga montong bali maupun palu dilepas dengan harga Rp85 ribu per kilogramnya.

Rumah Durian Cemara juga menyediakan durian olahan. Sebut saja durian cup dengan harga Rp15 ribu. Satu lagi durian pancake dengan harga Rp50 ribu dengan isi buah yang berbeda-beda tiap pack-nya. Coba deh datang.

Artikel Lainnya