Tegas, Soal Larangan Mudik, Pemkab Jember Tutup Pintu Masuk, Polres Jombang Pelototi Empat Titik

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Jawa Pos.

Larangan mudik yang diterbitkan pemerintah pusat mendapat dukungan dari daerah. Bahkan sejumlah kabupaten sepakat melakukan penyekatan di wilayahnya. Hal ini untuk mencegah warga yang nekat mudik di tengah larangan.

Beberapa daerah di Jawa Timur juga akan melakukan penyekatan terhadap pemudik. Langkah ini dipilih guna menekan angka peningkatan kasus Covid-19 di daerah.

Seperti yang dilakukan Pemkab Jember akan menutup seluruh pintu akses masuk wilayahnya. Malahan Bupati Jember, Hendy Siswanto bakal menggelar apel mulai tanggal 26 April.

“Besok pada 26 April, kami akan adakan apel bersama. Sekarang tidak boleh mudik. Kenapa? Karena kalau dilonggarkan sekarang, perubahan sangat cepat sekali. Jadi saya sepakat (kewaspadaan) Covid tidak dikendorkan dulu,” kata Hendy mengutip Beritajatim, Sabtu 24 April 2021.

Hendy juga akan menutup sejumlah akses masuk ke wilayah Jember. Bahkan Pemkab Jember berencana melakukan pengecekan terhadap penumpang yang masuk.

“Kalau tidak ada alasan, orang luar maupun orang dalam kami akan suruh kembali. Tidak usahlah ke mana-mana,” Hendy menambahkan.

Sementara itu, Polres Jombang akan melakukan penyekatan di empat titik. Maklum, Jombang merupakan daerah yang dilintasi kendaraan antarprovinsi.

Titik penyekatan itu masing-masing di pintul tol Tembelang, kemudian pintu tol Bandarkedungmulyo, lalu depan Koramil Mojoagung, dan simpang empat Sukorame, Kabuh.

“Pada empat titik tersebut kita dirikan posko, serta kita siagakan petugas,” terang Kasatlantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto, Sabtu 24 April 2021.

Rudi menjelaskan, masing-masing titik terdapat petugas gabungan yang meliputi Satgas Covid-19, Polres Jombang, Kodim 0814, Dinas Kesehatan (Dinkes), serta Satpol PP.

Nantinya petugas akan menghentikan seluruh kendaraan yang keluar dari pintu tol Tembelang untuk diperiksa di depan Pos Check Point Ops Ketupat Semeru.

Artikel Lainnya