Tegas, Pemkot Solo Wjibkan Pendatang dan Wisatawan Karantina di Benteng Vastenburg, Ini Alasannya

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Benteng Vastenburg

Penyebaran virus corona sulit dikendalikan. Hampir seluruh provinsi mengumumkan peningkatan jumlah pasien di seluruh daerah. Termasuk Jawa Tengah.

Itu sebabnya Pemkot Solo mengambil langkah cepat guna mengantisipasi peningkatan kasus. Salah satunya menyiapkan Benteng Vastenburg sebagai rumah karantina bagi pendatang dan pemudik. Termasuk wisatawan.

Bangunan peninggalan Belanda itu akan difungsikan pada Selasa 15 Desember 2020.  Benteng itu disiapkan bagi siapa pun yang datang ke Solo. Tidak pandang bulu! Semua wajib ikut karantina selama 14 hari.

“Mulai 15 Desember 2020 sudah dimulai bagi yang masuk Solo, tetap dikarantina di Benteng Vastenburg 14 hari. Apapun itu alasannya. Jagong (datangi hajatan) ya dikarantina,” kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dikutip Kompas, Jumat 4 Desember 2020.

Persiapan Benteng Vastenburg sebagai lokasi karantina sudah dilakukan. Di lokasi itu akan dipasangi lima tenda milik TNI. Rudy juga menambahkan akan bekerja sama dengan Bandara Adi Soemarmo, Terminal Tirtonadi dan Stasiun untuk mendata pendatang ke Solo.

Berdasarkan data kasus yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Solo hingga Kamis 3 Desember 2020, terdapat 2.626 kasus orang terjangkit virus corona. Duh.

Artikel Lainnya