nyedulur.com

Tak Tamat SD dan Pernah Digaji Rp300, Basrizal Koto Koleksi Mobil Sport Mewah

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Harian Haluan

Orang sukses hanya dilihat dari tingkat keberhasilannya. Tidak banyak yang mengetahui lika-liku membangun kesuksesan. Jatuh bangun keluar dari jerat kemiskinan hingga meraih sukses dari jerih payah. 

Itulah sosok Basrizal Koto. Namanya kini diperbincangkan masyarakat Indonesia. Dia adalah pengusaha sukses yang lahir di Padangpariaman, Sumatra Barat 61 tahun silam.

Dilansir dari Kumparan, dia merupakan salah satu orang sukses di Indonesia karena jejak perjalanan kariernya yang luar biasa.

Pria yang dikenal dengan panggilan Babe Basko ini sempat bekerja sebagai kernet angkot, penjahit, pedagang hingga makelar kendaraan bermotor. Walaupun Tidak tamat pendidikan dasar (SD), bukan halangan baginya meraih sukses.

Pendidikannya sebatas kelas 5 SD. Tapi dia kemudian berpikir bahwa kemiskinan harus dilawan. Dia memutuskan pergi merantau ke Riau dengan izin sang ibunda, Djaninar.

Prinsip 3K yang selalu digunakan pria kelahiran 1959 ini, memanfaatkan kesempatan, komunikasi yang baik, dan komitmen tinggi.

Kini namanya sudah terkenal lewat beberapa perusahaan yang didirikannya di bawah payung MBC Group. Sebut saja PT Basko Minang Plaza (Basko Grand Mall) dan PT Cerya Riau Mandiri Printing (CRMP).

Tak hanya itu, dia juga memiliki perusahaan batu bara yaitu, PT Bastara Jaya Muda. Ada lagi perusahan lain seperti PT Cerya Zico Utama, PT Riau Argo Mandiri, PT Riau Argo Mandiri Perkasa, PT Indonesia Mesh Network serta Premier Basko Hotel.

Pengusaha berdarah Minang ini pernah mendapat penghasilan hanya Rp 300. Profil orang sukses ini sudah menjadi kolektor mobil dan motor mewah seperti Ferrari, Lamborghini, Aston Martin, Jeep Rubicon hingga Harley Davidson. Ini lika-likunya.

Artikel Lainnya