Tak Perlu Cemas, Mashed Potato Ini Sehat, Cocok untuk Program Diet

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Cabot Creamery.

Macam-macam diet untuk alasan kesehatan. Salah satunya mengurangi karbohidrat untuk mengontrol berat badan sekaligus gula darah. Nah, diet yang seperti ini biasanya menghindari nasi maupun makanan berkabohidrat tingi.

Sebagai penggantinya, makanan yang kaya akan nutrisi menjadi konsumsi sehari-hari. Meski diet, wajib menganti konsumsi karbohidrat. Tapi rendah kalori.

Salah satunya adalah mengonsumsi kentang rebus, roti gandum, jagung rebus, dan masih banyak lagi. Bila bosan dengan kentang, bisa diolah. Misalnya mashed potato.

Namun jika saat membuat mashed potato, sebaiknya tidak menggunakan susu, agar kalorinya tetap terkontrol. Sebagai penggantinya, Anda dapat menggunakan kaldu ayam ataupun kaldu sayur.

Untuk memberikan sensasi rasa asam, dapat menambahkan sedikit greek yoghurt, sour cream ataupun cottage cheese. Berikut resep mashed potato tanpa susu untuk diet dari laman Kompas.

Untuk bahannya siapkan, delapan kentang atau sekitar 1000 gram, kupas dan potong-potong, 60 ml kaldu ayam rendah sodium.

Panaskan 2 sdm greek yoghurt (bisa diganti sour cream, cottage cheese, atau buttermilk), garam secukupnya, dan merica secukupnya

Selanjutnya, didihkan air lalu tambahkan sedikit garam. Masukkan kentang, rebus selama 10 sampai 15 menit dengan api kecil. Sebaiknya tutup pancinya supaya kentang lebih cepat matang dan empuk.

Tiriskan kentang lalu haluskan. Tambahkan kaldu ayam yang sudah dipanaskan, masukkan pula sour cream, garam, dan merica. Aduk hingga tercampur rata dan kentang halus. Mashed potato siap dinikmati. Sehat pula.

Artikel Lainnya