Tajam dan Keras! Soal Temuan Drone, Ini Kritik PKS kepada Prabowo Subianto

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Gawat, keamanan Indonesi dibobol asing. Sebab, belum lama ini ditemukan drone bawah laut di pantai Selayar, Sulawesi Selatan.

Diduga drone tersebut milik mata-mata asing yang ditangkap nelayan. Jika benar, drone tersebut bisa mencuri data keamanan Indonesia. Jika salah?

Terlepas dari benar tidaknya drone milik mata-mata asing, PKS mulai kepanasan. Partai politik berlambang dua Bulan Sabit dan Kapas itu mengkritik sistem Pertahanan RI.

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS, Sukamta menyebut keberadaan drone menjadi tugas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Dia mendorong adanya percepatan pengembangan teknologi penginderaan jarak jauh.

“Ini pekerjaan rumah Pak Menhan untuk mendorong percepatan pengembangan teknologi penginderaan jarak jauh,” kata Sukamta dalam keterangan tertulis, Minggu 3 Januari 2021.

Menurutnya, pengembangan ini dapat dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan negara lain. Salah satunya adalah alih teknologi yang bisa dikerjasamakan dengan negara-negara maju.

“Riset nasional sangat penting untuk pengembangan teknologi yang mendukung sistem pertahanan yang andal. Pemerintah juga perlu segera memperbaiki sistem keamanan teritori, agar kejadian drone yang menyelundup ini tidak terulang,” Sukamta menjelaskan.

PKS merupakan salah satu penyokong Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019 silam. PKS bersama Gerindra dan sebagian Demokrat membentuk koalisi.

Artikel Lainnya