Tahu Nggak Sih, Arti dan Warna Seragam Pramugari Garuda Indonesia, Oh, Ternyata......

Nyedulur
  • 22 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Garuda Indonesia.

Pelanggan setia Garuda Indonesia tentu hafal dengan jadwal penerbangan pesawatnya. Bahkan sampai menghafal awak kabin hingga warna seragam yang dikenakan. Tapi tidak banyak yang tahu dengan warna dan arti seragam itu, kan.

Seragam yang dikenakan pramugari Garuda Indonesia identik dengan pakaian bewarna cerah dengan beragam biasanya terdiri dari atasan berupa kebaya polos yang dipadupadankan dengan bawahan kain batik bermotif lereng Garuda Indonesia berwarna senada.

Selain itu, dilansir dari Okezone seragam pramugari maskapai bergambar burung garuda ini juga memiliki empat varian warna yang masing-masing mencerminkan tingkatan jabatan mereka.

Pertama adalah seragam berwarna biru. Warna ini hanya boleh dikenakan kepala penerbangan atau orang yang diandalkan.

Biasanya sudah memiliki otoritas serta tanggung jawab pada setiap masalah di kabin. Sebutan lainnya adalah Flight Service Manager.

Warna biru pada seragam dipilih sebagai simbol ketenangan, kepercayaan, keandalan, serta kewenangan dalam kekuatan yang kompeten.

Warna ungu menunjukkan inspirasi dan kreativitas. Seragam berwarna ini juga menekankan pada keanggunan para kru kabin pesawat Garuda Indonesia.

Kru yang boleh menggunakan seragam berwarna ungu adalah MDC atau Maitre d’Cabine. MDC merupakan koordinator area atau kabin dalam suatu penerbangan.

Selanjutnya warna oranye, pemilihan warna oranye bermaksud memunculkan kesan hangat, bersahabat, dan energik.

Kehangatan yang dimaksudkan adalah kehangatan perilaku dan sikap serta keramahan pramugari dalam membantu para penumpang. Seragam ini diperuntukan bagi pramugari junior hingga senior yang belum menjadi MDC.

Sedangkan warna toska pada seragam pramugari membawa kesan segar, sophisticated, terpelajar, terampil atau cekatan dalam melakukan tugas. Warna ini juga memancarkan aura torpis.

Seragam berwarna toska sama dengan oranye, hanya boleh dikenakan oleh pramugari junior dan senior. Mereka bebas memilih di antara dua warna ini saat bertugas.

Namun, ketika menginap di suatu kota atau negara, para pramugari akan berdiskusi untuk menentukan warna seragam yang akan mereka gunakan untuk keesokan harinya. Hal ini dilakukan agar warna seragam lebih bervariasi di dalam kabin.

Artikel Lainnya