Suka Timbun Sampah? Hati Hati, Bisa Jadi Gejala Hoarding Disorder, Apa Itu?

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Tangkapan Layar.

Memiliki hunian yang bersih menjadi dambaan setiap orang. Tapi tidak sedikit masyarakat yang hidup jorok. Rumahnya awut-awutan, banyak sampah, menaruh perkakas berantakan, dan hdup seenaknya.

Kehidupan sepertini kadang dijalani mahasiswa di kamar kos. Terbaru sebuah video kondisi kamar kos yang berantakan. Di dalamnya penuh dengan sampah makanan maupun minuman.

Wah ada masalah apa penguhuni kamar kos tersebut? Dilansir dari Kumparan video tersebut menampilkan tumpukan sampah berupa makanan dan minuman yang menggunung di setiap sisi tempat tidur.

Selain itu, video yang pertama kali di posting oleh akun TikTok @ongdhef77 ini menjelaskan bahwa tumpukan sampah itu di kamar kos milik seorang mahasiswa. Nah, kan.

Selama menempati ruangan tersebut, kos diketahui tidak pernah membuang sampah-sampahnya. Merasa curiga, penjaga kos pun membuka kamar tersebut. Alhasil terlihat tumpukan sampah di dalam ruangan yang telah menggunung.

“Lihatlah yang terjadi pada kamar ini, guys. Sungguh menjijikan. Ini adalah tetangga kos gue. Dia masih muda masih kuliah. Penjaga kos sempat curiga. Setiap dia membeli makanan dan minuman enggak pernah dia membuang sampahnya,” kata seseorang yang ada dalam video tersebut.

“Di saat dia enggak ada, si penjaga kos pun membuka pintu kamarnya. Lihatlah guys, berarti selama ini dia tidur bersama sampah-sampahnya,” tambahnya.

Sejumlah warganet memberi berbagai tanggapan. Ada yang merasa jijik, menganggap bahwa itu hanya kebutuhan konten, ada juga yang mengatakan penghuninya diduga mengalami gangguan psikologis yang disebut hoarding disorder.

“Asli itu baunya kaya apa,” kata putra_trisetia.

“Ini adalah kelainan dan butuh penanganan psikiater. Namanya hoarding disorder dan pelakunya beragam, mulai dari mengumpulkan koran, buku, makanan, benda kenangan, pakaian, struk belanja, alat rumah tangga, tas plastik, tanaman, hewan, hingga barang-barang bekas yang sudah kotor dan rusak,” tulis elizatjwan menanggapi video tersebut.

Bicara soal hoarding disorder, apa itu sebenarnya? Apakah hoarding disorder termasuk gangguan mental?

Menurut Layanan Kesehatan Nasional (National Health Services/NHS) Inggris, hoarding disorder adalah kondisi di mana seseorang menimbun berbagai barang dalam jumlah yang berlebihan dan menyimpannya dalam keadaan berantakan.

Barang-barang yang ditimbun ini dapat bernilai sedikit atau bahkan tidak bernilai uang sama sekali.

Barang yang ditimbun penderita hoarding disorder bisa bermacam-macam. Meski demikian, ada berbagai jenis barang yang sering mereka timbun.

Seperti koran atau majalah, buku, pakaian, surat, tagihan dan kuitansi, wadah plastik atau kardus, hingga binatang peliharaan yang sering tidak terawat dengan baik.

Artikel Lainnya