nyedulur.com

Suka Telur Bebek atau Ayam, Menurutmu Mana yang Lebih Sehat? Baca Kajian Medisnya

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tyrant Farms.

Banyak yang beranggapan telur bebek lebih baik ketimbang telur ayam. Sayang banget, pendapat tersebut tidak dibarengi dengan kajian ilmiah.

Telur ayam dan bebek jelas berbeda. Bukan hanya dari bentuk fisik, maupun sumber asalnya. Begitu juga dengan tekstur maupun rasa dari kedua telur. Sepintas memang mirip.

Tetapi, kedua telur ini memiliki kegunaan yang berbeda. Telu ayam lebih sering digunakan sebagai bahan membuat kue maupun makanan. Termasuk bahan membuat es krim! Hmmmm. 

Sebetulnya, telur merupakan bahan pangan yang memiliki gizi tinggi. Telur gampang diolah menjadi beragam masakan ataupun makanan. Selain itu, telur juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari CNN Indonesia, telur bebek umumnya berukuran lebih besar dari telur ayam. Bahkan bisa mencapai 100 persen lebih besar. Wow! Bahkan mengonsumsi satu butir telur bebek, sama seperti konsumsi dua telur ayam.

Selain pada ukuran, perbedaan juga terletak pada warna cangkang dan ketebalan kuning telur. Perbedaan lain terletak juga pada rasa.

Banyak yang menganggap kuning telur bebek memiliki rasa yang lebih pekat daripada kuning telur ayam. Sementara dari urusan kesehatan, perbedaan keduanya dapat dilihat dari segi nutrisi yang dikandung.

Secara keseluruhan, telur rendah karbohidrat dan serat. Tetapi kaya akan protein dan lemak sehat. Telur juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Healthline melalui CNN Indonesia mencatat bahwa meski keduanya kaya gizi, telur bebek cenderung mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi. Semisal folat, zat besi, dan vitamin B12.

Nah, kan. Telur bebek sedikit lebih tinggi gizi dan nutrisinya. Jika kurang lengkap, bisa membuka tautan berikut.

Artikel Lainnya