nyedulur.com

Suara Dentuman Diduga Meteor Jatuh di Lampung, LAPAN Ragu, Belum Punya Data Statistik

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Sebuah dentuman keras didengar warga Lampung. Banyak yang menduga dentuman itu adalah meteor yang jatuh di kota tersebut. Namun hal ini diragukan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Melansir Detik, astronom sekaligus peneliti madya Lapan, Rhorom Priyatikanto mengatakan pihaknya belum melakukan analisis terkait dentuman di Lampung. Dia menjelaskan jika sumbernya dari meteor jatuh, maka efeknya memicu gelombang kejut.

“Bila itu meteor, maka meteor berukuran sekitar 1 meter memang bisa mencapai ketinggian rendah (beberapa puluh km) dan memicu gelombang kejut ketika jatuh dengan kecepatan supersonic. Gelombang kejut itulah yang terdengar sebagai suara dentuman," kata Rhorom, Jumat 29 Januari 2021.

Dia mengatakan ada kemungkinan dentuman di Lampung berasal dari benda langit yang jatuh. Namun, menurutnya hal ini terasa agak aneh secara statistik.

“Bisa saja (dari meteor), tapi memang agak aneh kalau kita mendapatkan banyak laporan dentuman dalam sebulan dan semuanya diasosiasikan dengan meteor,” Rhorom melanjutkan.

Menurutnya, secara statistik, meteor yang mampu menimbulkan dentuman sekuat itu hanya beberapa kali terjadi dalam 10 tahun. Itu pun terbagi di seluruh wilayah bumi, tidak hanya di Indonesia.

Suara dentuman keras di Lampung sempat diributkan warganet. Banyak yang menduga suara tersebut keras. Suaranya seperti ini.

Artikel Lainnya