Stres Bisa Picu Kerontokan Rambut, Kenali Sebab dan Cara Mencegah

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Pinterest

Rambut adalah mahkota. Terlebih lagi bagi wanita. Itu sebabnya kaum hawa akan selalu menjaga keindahan rambut. Selain mahkota, rambut, merupakan salah satu daya tarik fisik.

Apa jadinya bila rambut mudah rontok. Begitu juga dengan pertumbuhan rambut yang jarang mengakibatkan kurang berkilau. Situasi seperti ini meman menyebalkan.

Ada beberpa hal yang perlu diketahui. Pada dasarnya kerontokan rambut adalah hal yang normal. Tetapi rontok yang berlebihan dikenal dalam istilah medis sebagai telogen effluvium. Rambut rontok berlebihan merupakan tanda ada maalah medis.

Mengutip Kompas, ada beberapa hal dapat menyebabkan rambut rontok melebih batas normal. Salah satunya adalah stres yang bisa memicu kerontokan rambut.

Umumnya kerontokan terjadi ketika seseorang mengalami stres yang terus menerus. Situasi ini bisa menyebabkan depresi berat.

Kebanyakan wanita kehilangan banyak rambut beberapa bulan setelah melahirkan. Selain itu, pada saat wanita mengalami menopause juga mengalami kerontokan rambut. Bisa juga terjadi perubahan hormonal lain, seperti menghentikan pil KB.

Penyakit dapat memicu kerontokan rambut, terutama jika terjadi bersamaan dengan demam tinggi. Setiap gangguan besar pada tubuh dapat menyebabkan seseorang mengalami kerusakan pada kulit dan rambut.

Menurut Sitoresmi, Senior Education Manager, Kérastase Indonesia, selain stres akut, perubahan hormonal, dan nutrisi, faktor eksternal juga bisa memengaruhi kesehatan rambut.

Yang dimaksud faktor eksternal misalnya lingkungan udara panas dan berpolusi tinggi, kebiasaan menata rambut dengan alat hair-styling panas, atau kegiatan yang kita lakukan seperti keramas dengan air panas.

Terkait masalah kerontokan rambut, Sitoresmi membagikan tiga langkah sederhana yang dapat dipraktikkan untuk mengurangi jumlah rambut yang rontok.

Atur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat, kaya nutrisi dan bergizi seimbang. Langkah ini untuk mendapatkan akar rambut yang kuat dan mencegah kerontokan rambut di luar siklus normalnya.

Makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, buah, dan sayuran hijau, penting untuk dimasukkan ke dalam agenda santapan sehari-hari.

Untuk melengkapi pertumbuhan rambut, pertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin, seperti biotin, vitamin D, A & B, serta beta-karoten.

Hindari stres, karena bisa mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Manjakan diri dengan olahraga teratur, meditasi, yoga, serta ke salon favorit untuk perawatan diri.

Artikel Lainnya