Sssst.....Kota di Indonesia Masuk 10 Besar dengan Harga Kopi Termahal di Dunia, Tarifnya Dolar AS, Bro

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Budaya minum kopi di pagi hari sudah muncul puluhan tahun silam. Bahkan masyarakat di pedesaan bisa dibilang belum memulai hidup, bila belum menyeduh kopi.

Nah, minum kopi makin berkembang. Budaya menyeduh kopi single origin mulai ramai dilakukan coffee lover beberapa tahun belakangan. Hasilnya, produksi kopi terangkat dan industri di hilir mulai menggeliat.

Banyak yang percaya mengonsumsi kopi banyak manfaatnya. Memperbaiki kinerja jantung, bisa untuk diet, mempertajam daya ingat, menurunkan diabetes tipe 2, membantu melawan depresi, dan sederet manfaat lainnya.

Pada dasarnya, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan penghasil kopi dengan varian yang berlimpah. Malahan Indonesia menjadi pesaing terberat bagi Kolumbia dan Brasil, yang selama ini menjadi eksporter kopi terbesar di dunia.

Kira-kira berapa sih harga secangkir kopi?

Memang tidak ada patokannya. Tapi, mengutip CNN Indonesia, GO Banking Rate baru saja merilis daftar harga-harga kopi di seluruh dunia. Studi ini mempelajari tingkat biaya hidup global dari UBS di 77 kota di dunia.

Studi ini juga mengungkap harga secangkir kopi di 77 kota sangat bervariasi. Sebut saja Jakarta, menjadi salah satu kota dengan harga secangkir kopi yang terbilang mahal.

Cuaca dingin membuat Denmark menjadi salah satu negara dengan tingkat konsumsi kopi tertinggi di dunia. Harga secangkir kopi di Kopenhagen mencapai USD6,24 atau sekitar Rp87 ribu.

Namun, jangan harap Anda bisa menemukan kopi-kopi fancy layaknya di Indonesia. Orang-orang Skandinavia lebih menyukai kopi hitam yang padat.

Kopi menjadi bagian yang populer dalam budaya ramah tamah masyarakat Timur Tengah. Uni Emirat Arab, khususnya Dubai, menjadi yang pertama di kawasan Timteng yang membudayakan minum kopi.

Harga secangkir kopi di Dubai mencapai USD5,70 atau sekitar Rp80 ribu. Kopi biasanya dikonsumsi dalam bentuk pekat dengan campuran rempah-rempah seperti kapulaga.

Selama ribuan tahun, teh menjadi minuman populer di Cina. Kopi baru berkembang menjadi industri pada akhir tahun 1980-an, saat pemerintah Cina melakukan upaya untuk menopang industri kopinya dengan bantuan dari Bank Dunia dan program pembangunan PBB.

Kehadiran Starbucks dan generasi muda, minuman kopi jadi lebih kompleks. Kini, harga secangkir kopi di Shanghai bisa USD4,60 atau sekitar Rp64 ribu.

Paris dikenal dengan deretan kafenya yang eksotis. Un cafe adalah jenis kopi berupa espresso yang paling umum di Paris. Perlu diketahui, orang Prancis tak suka meminum latte dengan kehadiran banyak busa.

Mereka lebih senang meminum cafe au lait, yang merupakan kopi dengan susu yang dikukus. Harga secangkir kopi di Paris mencapai USD4,13 atau sekitar Rp58 ribu.

Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia. Namun, budaya kopi baru berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Indonesia bertanggung jawab atas popularitas kopi luwak, yang dianggap sebagai kopi termahal di dunia. Dengan begitu, harga secangkir kopi di Indonesia masih terbilang mahal. Minum kopi di Jakarta bisa mencapai USD4,10 atau sekitar Rp57.600.

Artikel Lainnya