Sony Mulai Bangkit, Luncurkan Xperia 1 III dan Xperia 5 III, Lensa Kameranya Canggih, Diperkuat Variable Telephoto

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: XDA Developers.

Cukup lama Sony tidur dari ranah smartphone. Perusahaan asal Jepang ini dilaporkan fokus mengembangkan bisnis kamera dan sensor untuk kamera. Selain itu, Sony kalah agresif dibandingkan dengan perusahaan asal Cina.

Nah, baru-baru ini Sony mulai menyibak langkah di ranah smartphone. Salah satunya dengan menghadirkan dua smartphone flagship sekaligus, yakni Xperia 1 III dan Xperia 5 III.

Sudah jelas bila kedua smartphone menyuguhkan senjata baru, yakni sensor kamera. Maklum Sony juga memiliki sensor yang kerap dipakai perusahaan-perusahaan pengembang smartphone.

Mengutip Dailysocial kedua flagship ini diklaim sebagai smartphone pertama yang mengemas lensa variable telephoto. Dengan kata lain, focal length-nya bisa diganti-ganti antara 70mm dan 105mm (setara 2,9x dan 4,4x optical zoom).

Sementara aperture-nya bisa menyesuaikan sendiri antara f/2.3 atau f/2.8. Sensor yang digunakan sendiri adalah sensor 1/2,9 inci dengan resolusi 12 megapixel.

Kamera utamanya, baik Xperia 1 III maupun Xperia 5 III sama-sama menggunakan sensor 1/1,7 inci beresolusi 12 megapixel, lengkap beserta lensa f/1.7 dan OIS.

Kemudian untuk kamera ultra-wide, keduanya dibekali sensor 1/2,6 inci dengan resolusi 12 megapixel dan lensa f/2.2.

Seperti sebelumnya, kedua ponsel ini menjanjikan kinerja kamera yang sangat cepat. Kamera ini diklaim mampu menjepret dalam kecepatan 20 fps. Untuk video, keduanya bahkan sanggup merekam video HDR dalam resolusi 4K 120 fps.

Eye autofocus juga kembali menjadi fitur unggulan, tapi khusus di Xperia 1 III, fitur tersebut turut dilengkapi real-time tracking berkat bantuan kamera 3D ToF.

Guna menunjang performanya, Sony tak lupa menyematkan chipset paling anyar, Snapdragon 888. Untuk Xperia 1 III, prosesor tersebut ditemani RAM 12 GB dan pilihan storage 256 GB atau 512 GB.

Adapun Xperia 5 III, RAM sebesar 8 GB dan pilihan storage 128 GB atau 256 GB. Keduanya sama-sama bisa diisi kartu microSD.

Baterai yang tertanam di kedua ponsel juga identik, 4.500 mAh, dengan dukungan fast charging 30 W. Bedanya, Xperia 1 III mendukung wireless charging, sedangkan Xperia 5 III tidak.

Artikel Lainnya