Sisi Positif dan Negatif Tahun Kerbau Logam, Perekonomian Indonesia Diramal Turun Tajam, Oh Ya?

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Alinea.id

Tahun Kerbau Logam telah dimulai. Tahun Baru Imlek 2572 dimulai pada 12 Februari 2021 menandai tahun logam. Unsur logam pada Shio Kerbau tahun ini melambangkan kerja keras. Memang harus bisa mengatasi hantaman virus corona.

Lalu apakah kondisi ekonomi Indonesia bisa membaik di tahun Kerbau Logam ini? Berikut kata ahli feng shui yang sudah dikutip dari Antara.

“Tahun 2021 ini tahun yang penuh perubahan dan mobilitas,” kata pakar feng shui Yohan Suyangga.

Namun Yohan optimististis sektor perekonomian dan pertahanan Indonesia bisa membaik. Termasuk bisnis di bidang perbankan dan real estate.

Terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat dinilai membawa sisi positif untuk perekonomian Indonesia, dibandingkan dengan era Donald Trump.

“Secara ekonomi akan membaik, lebih bagus dibandingkan yang lama. Tapi secara dunia ini, akan tetap membawa dampak yang juga tidak terlalu positif,” ujar dia sembari menyebutkan perang dagang AS dan Cina yang akan terus berlanjut.

“Secara garis besar, ekonomi pasar saham banyak positif, ya. Dari Februari sampai Januari 2022 nanti positif kebanyakan,” katanya.

Dia juga menyebut akan banyak perusahaan Indonesia yang melakukan merger dengan perusahaan lain.

“Bukan karena mereka lemah, tapi memang akan lebih bagus kalau merger atau kolaborasi,” Yohan menjelaskan.

Kolaborasi ini dia tekankan juga sebagai hal yang penting untuk individual. Misalnya insan di dunia kreatif yang berkolaborasi menghasilkan karya yang lebih baik.

Kabar baik dari tahun Kerbau Logam, lanjut dia, adalah akan ada banyak alternatif obat virus, industri makanan yang membaik, serta penjualan mobil yang meningkat. Begitu juga dengan sektor pariwisata.

Namun, dia memprediksi bakal banyak pencurian data secara elektronik, gugatan hukum berkaitan dengan hak paten atau hak cipta.

Brand busana internasional yang memiliki toko di Indonesia juga mungkin ada juga yang kehilangan harapan dan akhirnya ditutup.

Artikel Lainnya