Sikap Pemerintah Korea Patut Ditiru, Jamin Kebebasan dan Kemerdekaan, Terkait Kontroversi Snowdrop, Blue House: Lanjutkan!

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Tangkapan Layar.

Serial Snowdrop benar-benar menyita perhatian publik. Tidak hanya penggemar drama Korea Selatan maupun warganet.

Sampai-sampai warga Korea mengeluarkan petisi untuk menolak serial tersebut. Akibatnya serial Snowdrop sempat dihentikan penayangannya.

Kini pemerintah Korea Selatan turut memberi pernyataan resmi. Blue House, atau Kantor Kepresidenan Korsel, menyebutkan drama ini akan dilanjutkan penayangannya.

Mengutip CNN Indonesia, pernyataan yang dikeluarkan Blue House pada Jumat 14 Mei 2021, Pemerintah Korsel turut menanggapi polemik soal drama Joseon Exorcist yang penayangannya telah dihentikan.

“Untuk Snowdrop, stasiun penyiaran yang berencana menayangkan drama tersebut mengklaim bahwa kontroversi yang timbul di masyarakat disebabkan oleh sinopsis yang tidak lengkap dan perkenalan karakter yang ditampilkan sebagian, sehingga menghasilkan informasi yang sepihak,” tulis pernyataan pemerintah Korea Selatan mengutip Koreaboo Senin 17 Mei 2021.

“Drama Snowdrop bukanlah drama yang meremehkan Gerakan Demokratik atau meromantisasi mata-mata. Drama ini sedang dalam produksi,” lanjut pernyataan tersebut.

Pemerintah Korea Selatan tidak akan menindak siapapun, baik tim produksi drama atau yang memprotes drama tersebut. Mereka menyatakan akan terus menghargai kebebasan berpendapat di negara tersebut.

“Dalam klausul ke-4 dalam undang-undang penyiaran, kemerdekaan dan kebebasan warga dijamin negara dan karena undang-undang tersebut, regulasi atau campur tangan non-hukum tidak diperbolehkan,” tulis pemerintah Korsel.

“Secara khusus, karena karya kreatif memberikan kebebasan untuk mengejar ekspresi individualistik mereka sendiri, maka hal itu adalah sesuatu yang perlu didekati dengan hati-hati,” lanjutnya.

Pemerintah Korsel menghormati pilihan tim produksi dalam membuat cerita yang akan ditampilkan ke publik.

Namun, pemerintah Korea Selatan juga menekankan bahwa jika drama tersebut mengalami distorsi sejarah yang parah setelah ditayangkan, maka pemerintah akan mengambil sikap.

Selanjutnya, komite regulasi untuk siaran Korea Selatan akan memantau penayangan drama Snowdrop dengan cermat. Pihaknya juga mengingatkan bahwa produser juga harus bertanggung jawab penuh jika sampai ada kekeliruan dalam serial itu.

Setelah muncul pernyataan ini, drama Snowdrop yang akan menampilkan Jisoo BLACKPINK dan aktor Jung Hae-in sebagai pemeran utama tetap dilanjutkan.

Artikel Lainnya