Serem, Wujud Asli Virus Covid-19 dalam Bentuk Tiga Dimensi, Mau Lihat Fotonya?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Nanographics.

Virus corona belum juga selesai. Wabah ini telah melanda seluruh dunia. Dampaknya cukup besar. Tidak hanya menimbulkan korban jiwa, Covid-19 juga membanting perekonomian global.

Meski vaksin sinovac sudah dsiuntukkan, namun jurus untuk mengatasi Covid-19 tak semudah membasmi hama atau tikus. Virus yang menjadi sebab, sulit untuk dijinakkan.

Sebab, makhluk yang membawa malapetaka ini berukuran sangat kecil. Makhluk itu masuk ke dalam kategori mikroorganisme yang tidak bisa dilihat mata telanjang. Demikian sumber yang dikumpulkan Kumparan.

Kalaupun bisa dilihat, orang-orang harus menggunakan alat bantu. Bisa memakai mikroskop atau sekadar melihat ilustrasi yang dibuat peneliti berdasarkan data yang mereka peroleh. Jadi, seperti apa sebenarnya penampakan virus corona?

Berterimakasihlah kepada para peneliti di Austria. Mereka berhasil mengambil gambar 3D wujud asli virus corona untuk pertama kalinya. Gambar tersebut diambil dari virus corona SARS-CoV-2 asli dari sampel yang sudah dibekukan.

Para peneliti berasal dari perusahaan Nanographics GmbH, Austria. Perusahaan ini bekerja sama dengan Vienna University of Technology dan peneliti di Tsinghua University, Beijing.

Sebelumnya, para ilmuwan Cina berhasil mengekstraksi, memindai, dan mendigitalisasi partikel virus SARS-CoV-2 yang utuh dalam bentuk sampel. Dalam prosesnya, para ilmuwan berhasil menjaga protein lonjakan sampel virus.

Pada gambar nanografik, sampel virus corona tampak saling bertumpuk. Namun masing-masing virus dapat dilihat secara terpisah. Virus corona sendiri merupakan jenis virus selubung atau sampul (enveloped virus) yang dilindungi lapisan tersusun dari protein dan minyak yang dikenal sebagai lipid bilayer.

Lapisan protein tersebut mirip dengan duri mahkota. Duri-duri tersebut berguna dalam mengikat membran sel inang untuk mengaktifkan enzim furin.

Enzim furin banyak ditemukan dalam organ tubuh manusia seperti paru-paru, hati, dan usus kecil. Inilah yang membuat virus mudah menyerang organ tubuh manusia. Waspadalah.

Artikel Lainnya