Serem, Misteri Gunung Kawi yang Pernah Dikunjungi Pendiri Bentoel dan BCA, Dianggap Sarang Anggota PKI

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Jawa Pos.

Siapa sih yang tak kenal dengan Gunung Kawi? Di balik keindahannya, gunung yang terletak di Malang Selatan, Jawa Timur ini terkenal dengan berbagai mitos. Salah satu yang paling popular adalah mitos pesugihan. 

Gunung Kawi menjadi tempat paling digemari masyarakat yang ingin bergelimang harta. Lalu apakah benar mitos tersebut?

Di lokasi pesarean Gunung Kawi yang terletak di Desa Sumbersari, Kecamatan Wonosari itu terdapat tanaman Dawandaru. Tanaman ini bisa juga disebut sebagai pohon keberuntungan yang terletak di kompleks pemakaman.

Konon bagi peziarah yang tertimpa salah satu buah ataupun daunnya, kemudian disimpan, Anda bisa kaya raya. Tertarik untuk mencoba?

Gaes, ngomong-ngomong soal pesugihan, ada satu syarat yang wajib dipenuhi. Yakni tumbal. Di mana-mana nyaris sama. Tidak hanya di Gunung Kawi.

Dan tumbal yang disediakan harus ada pertalian darah. Bisa anak, suami, istri, ibu, bapak, kakak, dan seterusnya. Jika syarat tersebut terpenuhi, pemilik pesugihan langsung kaya raya dalam tempo satu tahun.

Hal yang masih menjadi buah bibir di masyarakat hingga kini adalah kunjungan konglomerat ke Gunung Kawi. Sebut saja pendiri pabrik pokok Bentoel Malang dan pendiri BCA. Tapi itu sebatas rumor, ya gaes.

Di balik kisah-kisah mistis tersebut, Gunung Kawi pernah dijadikan sebagai tempat pertapaan para raja. Salah satunya adalah Prabu Kameswara dari kerajaan Kediri.

Pemerintah RI juga pernah menutup kawasan tersebut pada pertengahan 60-an. Salah satu sebabnya, pesarean Gunung Kawi dijadikan sarang bagi anggota Partai Komunis Indonesia atau PKI. Tepatnya tahun 1965. Sembilan tahun kemudian, lokasi tersebut dibuka untuk umum.

Artikel Lainnya