Seperti Apa Tips Aman Berkendara Sepeda Motor saat Hujan? Intip Resep dari Yamaha

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Berkendara saat hujan merupakan tantangan berat. Dibutuhkan kewaspadaan dan kehati-hatian untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Tidak hanya itu, berkendara roda dua di kala hujan dibutuhkan stamina yang bagus. Bila kondisi tidak fit, bisa menyebabkan demam, flu, pilek, batuk dan penyakit lainnya.

Mengendarai motor di kala hujan butuh konsentrasi tinggi. Air yang turun kerap mengurangi keterbatasan jarak pandang. Terlebih jika hujan mengguyur dengan intensitas tinggi. Kondisi ini bisa menimbulkan genangan air dan pengendara kerap kesulitan menghindari lubang yang tertutup genangan dan licinnya jalan.

Nah, bagaimana sih tips agar Anda bisa nyaman berkendara saat hujan dan tetap safety riding. Yamaha Riding Academy (YRA) berbagi tips berkendara sepeda motor saat hujan yang menyangkut pengendara, kendaraan, dan cuaca.

“Saat musim hujan, pengendara sepeda motor wajib tetap menjaga keselamatan berkendara. Dalam keadaan seperti itu, safety riding sangat penting dijalankan,” kata Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, dikutip dari Suara.

Bagi pengendara, persiapkan jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan, model setelan (atasan dan bawahan). Disarankan menggunakan helm dengan visor bening karena saat hujan ada potensi visor helm berkabut. Inilah yang mengganggu fokus berkendara.

Selanjutnya, gunakan sepatu anti air atau karet. Tidak disarankan menggunakan sandal agar perlindungan kaki lebih maksimal.

Disarankan menggunakan perlengkapan berkendara yang berwarna terang agar mudah terlihat pengendara lain. Ini juga penting untuk mendukung keselamatan berkendara.

Hindari melakukan pengereman mendadak dan keras, karena saat hujan cengkeraman ban ke jalan menjadi berkurang.

Pastikan jarak aman dengan kendaraan di sekitar, karena saat hujan membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang. Jangan lupa, tetap waspada dan hati-hati di jalan yagn licin dan basah.

Artikel Lainnya