nyedulur.com

Sepenggal Kisah Benteng Kedung Cowek, Saksi Sejarah Perang Surabaya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Liputan6.

 

Surabaya menyandang Kota Pahlawan tidak lepas dari banyaknya persitiwa besejarah. Termasuk juga dengan banyaknya monumen atau bangunan yang dijadikan lokasi perang periode 1945-1949.

Jembatan Merah di Jalan Kembang Jepun dan Gedung Internatio yang ada di Heerenstraat dan Willemsplein, yang sekarang menjadi Jalan Jayengrono. Dua tempat tersebut dijadikan lokasi pertempuran hebat.

Satu lagi adalah benteng di Kedung Cowek. Bisa juga disebut benteng Kedung Cowek yang ada di Kecamatan Bulak. Lokasi ini menjadi bagian pertempuran sengit tentara Republik Indonesia pada tanggal 10 November 1945. Yang akhirnya dijadikan sebagai Hari Pahlawan.

Pemkot Surabaya kemudian menjadikan benteng ini sebagai salah satu objek wisata kota. Benteng ini berada di kelurahan Kedung Cowek dan berdekatan dengan Jembatan Suramadu maupun Pantai Kenjeran.

Catatan Kumparan, awalnya benteng ini dibangun pemerintah kolonial Belanda untuk basis pertahanan militer menghadapi gempuran tentara Jepang di Asia Pasifik.

Benteng Kedung Cowek yang disiapkan militer Belanda sebagai basis pertahanan bila terjadi serangan dari laut. Namun benteng in tak mampu membendung gempuran serdadu Jepang.

Di dalam Benteng Kedung Cowek terdapat sembilan bunker yang dibuat militer Belanda untuk menyimpan meriam, peluru dan beragam alat persenjataan lainnya.

Militer Belanda memiliki strategi jitu. Mereka menembakkan Meriam apabila duel dengan Jepang benar-benar terjadi. Faktanya terjadi dan Belanda kalah.

Kekuasaan pendudukan militer beralih dari Belanda ke Jepang. Begitu juga dengan Benteng Kedung Cowok dikuasai militer Jepang.

Benteng Kedung Cowek kemudian dimanfaatkan tentara Jepang sebagai basis pertahanan dari arah laut utara Surabaya. Termasuk untuk menyimpan meriam, peluru dan persenjataan lain.

Tapi Jepang nggak bertahan lama juga. Mereka ditundukkan NICA, termasuk kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik. Penggalannya buka di tautan berikut.

Artikel Lainnya