nyedulur.com

Seniman Surabaya Gelar Ruwat Sengkolo, Doakan Keselamatan Risma Jadi Mensos, Yuk Intip Isi Sesaji dan Pesannya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kumparan.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini telah resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo menggantikan Juliari Batubara. Menurut rencana, hari ini Risma, sapaannya, resmi berkantor di Kemensos, di Jalan Salemba, Jakarta Pusat.

Risma sejak Rabu 22 Desember lalu telah meninggalkan Surabaya. Secara otomatis, dia diberhentikan sebagai Wali Kota Surabaya oleh Kementerian Dalam Negeri sejak ditunjuk menjadi mensos.

Langkah Risma di Jakarta mendapat dukungan dari seniman di Surabaya. Seperti yang dilakukan dua seniman, Chengho Djadi Galajapo dan Meimura.

Keduanya melakukan ruwatan sengkolo di Balai Kota Surabaya, Sabtu 26 Desember 2020. Ruwatan ini sebagai bentuk doa agar Tuhan YME senantiasa melindungi Risma selama bertugas sebagai mensos di Jakarta.

“Ruwatan Sengkolo ini sebagai doa buat Bu Risma yang sekarang mempunyai tanggung jawab berat sebagai menteri sosial,” ujar Meimura dikutip Kumparan, Senin 28 Desember 2020.

Lebih lanjut Meimura menuturkan bahwa kegiatan ruwatan sengkolo diawali dengan berkeliling area Balai Kota Surabaya dan berakhir di depan Balai Kota di sisi yang tepat menghadap patung Jenderal Besar Sudirman. 

Dipilihnya Balai Kota, karena di tempat inilah Risma pernah mengabdikan diri sebagai Wali Kota selama 10 tahun atau dua periode.

Dalam kegiatan ruwatan sengkolo itu, Meimura mengenakan atribut khas Besut Rusmini dan berjalan berkeliling Balai Kota sambil membawa ‘sesaji’. 

“Iku sesajen-sesajenan, isine gedang simbol dungo sing kaucap nek tandang sing temenan ojo pencitraan (itu beberapa sesaji, isinya pisang sebagai simbol kalau kerja yang sungguhan jangan pencitraan,” jelas Meimura.

Meimura ada beberapa sesaji lain dan langkah-langkah yang harus dilakukan selama ruwatan sengkolo. Begini katanya.

Artikel Lainnya