Sempat Dikira Keluarkan Kilat Berwarna Merah, Gunung Raung Erupsi, Dua Kali Gempa

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

SUmber Foto: Liputan6/AFP.

Aktivitas Gunung Raung masih menggeliat. Gunung yang berada di Jember, Bayuwangi, dan Bondowoso itu kembali mengalami erupsi.

Berdasarkan pantauan Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Banyuwangi, Jawa Timur, terjadi gempa hingga dua kali pada Selasa 16 Februari 2021 malam dengan Amplitudo antara 9-32 mm.

Mengutip Suara, durasi gempa selama 204-232 detik. Hal ini disampaikan Petugas PPGA, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Benacana Geologi (PVMBG), Kementerian ESDM, Burhan Alethea.

“Cuaca di sekitar Gunung Raung berawan, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah selatan. Suhu udara 21-34 °C. Volume curah hujan 2 mm per hari,” katanya pada Selasa 16 Februari 2021 malam.

Dari sisi visual, terjadi kabut di sekitar Gunung Raung dengan ketebalan hingga kabut 0-III.

“Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang dan tinggi 500 m di atas puncak kawah. Terjadi muntahan abu atau asap tetapi tidak menerus dan mengarah ke timur laut,” Burhan menambahkan.

Atas peningkatan aktivitas vulkanologi tersebut, PVMBG telah menaikkan status Gunung Raung ke level II atau waspada.

“Masyarakat dan wisatawan dihimbau agar tidak beraktivitas dalam radius 2 km dari pusat erupsi kawah puncak,” pungkas Burhan.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Raung mengeluarkan kilat berwarna merah. Namun pihak PPGA Raung menegaskan kilatan berwarna merah bukan berasal dari Gunung Raung.

Artikel Lainnya