Seli-3, Komunitas Sepeda Besar di Salatiga, Susun Agenda Gowes ke Surabaya, Nggak Main-main

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Main Sepeda.

Jangan anggap sebelah mata kemampuan sepeda lipat. Meski kecil, namun sanggup melahap medan yang biasa dilalui sepeda jenis lainnya. Sebut saja tanjakan. Itulah yang diusung Seli-3, sebuah komunitas yang lahir di kota Salatiga.

Seli-3 adalah rumah bagi pecinta sepeda lipat di kota tersebut. Para pejuang ban kecil ini mengaku suka gowes jauh-jauh, bahkan rute nanjak sekalipun.

Mengutip Main Sepeda, cikal bakal Seli-3 muncuk sejak awal 2019. Mereka memiliki grup percakapan sebagai wadah untuk berkomunikasi. Media sosial itu digunakan sebagai eksistensi para pengguna sepeda lipat di Salatiga.

Setelah setahun eksis, komunitas ini sepakat memproklamasikan diri pada Agustus 2020. Komunitas ini membentuk susunan pengurus dan merapikan agenda. Jumlah anggotanya telah menembus 200 orang, dan menjelma sebagai salah satu komunitas besar di Salatiga.

“Sekarang sepeda lipat menjadi yang paling ramai di Salatiga. Kami komunitas paling besar lah, juga yang paling aktif. Sebab kami punya agenda rutin,” klaim Humas Seli-3, Aditya Bagas Ranggajaya.

Mereka bikin dua kali gowes bareng dalam sebulan. Pada Minggu pertama setiap bulannya, mereka gowes di rute flat.

Biasanya mereka bertolak dari Salatiga menuju Boyolali, Solo, atau ke Danau Rawa Pening di Kabupaten Semarang. Anggota ini selalu menyebutnya dengan istilah gowes cari soto.

Kemudian mereka bikin gowes penekan pada minggu ketiga setiap bulan. Sesuai dengan namanya, Seli-3 melibas rute-rute nanjak yang ada di sekitar Salatiga.

Biasanya rute yang dipilih menuju Gunung Telomoyo, sekitar Gunung Merbabu, atau ke Wonosobo. Member Seli-3 juga aktif membuat event internal. Bahkan Seli-3 pernah membikin Tour de Borobudur. Gowes dari Salatiga menuju Candi Borobudur.

Selain itu, Seli-3 menyusun agenda gowes Tour de Tugu, gowes dari Tugu Salatiga menuju Tugu Jogja dan Tour de Parangtritis di Yogyakarta, sejauh 130 kilometer.

Sekarang member sedang memantapkan Tour de Candi Ceto, yang berada di lereng Gunung Lawu. Tepatnya di Kecamatan Jenawi di Kabupaten Karanganyar. Elevasinya hampir 1500 meter.

“Rencananya kami laksanakan setelah Lebaran nanti,” Rangga, sapaan akrabnya, menjelaskan.

Saat ini, Seli-3 bersama Team Kunang-Kunang dan TOS Roadbikers sedang mempersiapkan diri gowes 300 kilometer menuju Surabaya. Wow, keren!

Artikel Lainnya