nyedulur.com

Selamat, Joe Biden Terpilih Presiden Amerika Serikat, Apa yang Dipersiapkan?

Kompas
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Calon Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Kamala Harris telah mengumpulkan 290 suara. Penghitungan tersebut dilakukan hingga Sabtu 7 November 2020 waktu setempat.

Jumlah itu menempatkan Biden dan Harris hamper pasti melangkah ke Gedung Putih. Sebab untuk menjadi seorang Presiden AS, dibutuhkan 270 electoral vote. Sementara lawannya yang juga petahana, Donald Trump-Mike Pence hanya memiliki 214 suara.

Memang tidak mudah bagi Biden-Harris untuk menjadi presiden AS. Tantangan yang mereka hadapi selama kampanye cukup berat. Mereka kerap mendapat protes dari pendukung petahana. Belum lagi tudingan praktik kecurangan.

Kini Biden-Harris tinggal menunggu pelantikan. Tapi masih lama, tepatnya Januari 2021. Masih ada waktu bagi Donald Trump untuk membereskan sisa pekerjaan.

Berdasarkan laman resmi Pemerintah AS yang dikutip dari Kompas, pelantikan itu akan dilakukan pada 20 Januari 2021. Jadwal ini berdasarkan alur yang selama ini sudah berjalan di AS.

Dalam periode 4 tahunan, seorang presiden dan wakil presiden terpilih akan dilantik pada 20 Januari atau 21 Januari, jika tanggal 20 bertepatan dengan hari Minggu.

Presiden dan wakil presiden terpilih akan mengucapkan sumpah di Gedung Capitol, Washington DC. Seperti ini teks sumpah presiden dan wakil presiden.

Artikel Lainnya