Selalu Ada di Dapur, Bumbu Masak Bisa Obati Kolestrol dan Asam Urat, Padahal....

Nyedulur
  • 15 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Asam urat dan kolestrol menjadi salah satu masalah kesehatan. Terlebih memasuki usia 40 tahun, dua gangguan kesehatan itu mulai muncul. Bahkan kemunculan kolesterol dan asam urat bisa terjadi usia 20-an.

Selain itu penyebab asam urat dan kolestrol sering berkesinambungan. Yakni disebabkan pola makan yang tidak sehat. Kedua penyakit juga bisa disebabkan pola hidup atau konsumsi makanan.

Sebetulnya mudah mengobati kedua penyakit ini. Namun Anda juga tidak boleh menyepelakannya. Sebab dua masalah kesehatan itu bisa saja memunculkan dampak bagi kesehatan lain.

Mulai dari yang kecil hingga berbahaya. Bisa saja menyebabkan penyempitan pembuluh darah, kerusakan ginjal, stroke hingga kehilangan penglihatan.

Tidak perlu takut. Dua penyakit ini bisa diobati. Namun juga perlu mengubah pola hidup yang lebih sehat. Salah satu cara yang paling sederhana adalah menggunakan obat tradisional. Berikut herbal yang dirangkum dari Okezone.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan kadar kolesterol. Biji ketumbar juga memiliki hipoglikemik yang dapat berguna untuk mengatur diabetes.

Hanya perlu siapkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar, lalu campurkan dengan satu cangkir air dan rebus. Setelah mendidih, saring dan ramuan siap diminum. Sebaiknya minum dua kali sehari. Anda juga bisa menambahkan susu, madu, atau kapulaga.

Jika Anda tidak memiliki bubuk biji ketumbar, bisa menggunakan biji ketumbar kemudian dipanggang kering. Selanjutnya giling biji ketumbar yang sudah dipanggang untuk dijadikan bubuk.

Selanjutnya, gooseberry India bertindak sebagai agen hipolipidemik alami. Berarti gooseberry India dapat mengurangi konsentrasi lipid dalam serum.

Campurkan satu sendok teh bubuk gooseberry India dengan segelas air hangat. Anda bisa minum di setiap pagi pada saat perut masih kosong.

Tak hanya itu, bawang putih juga termasuk bahan populer yang digunakan untuk obat-obatan herbal. Bawang putih bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol secara alami.

Caranya gampang. Makan tiga sampai empat siung setiap hari. Jangan lupa banyak minum air untuk menghindari dehidrasi akibat zat diuretik yang terkandung dalam bawang putih.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan daun salam yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Khasiatnya banyak. Misalnya untuk menurunkan kolesterol. Tidak hanya untuk menurunkan kolesterol jahat, daun salam juga dapat bermanfaat untuk mengatasi asam urat.

Artikel Lainnya