Sehat di Kala Pandemi, Begini Cara Hitung Kalori untuk Hindari Obesitas, Ada Rumusnya

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Harvard University.

Kalori adalah momok yang paling sering dihindari. Masalahnya kalori salah satu pemicu obesitas dan penumpukan gula darah. Itu sebabnya banyak yang ingin hidup sehat dengan menghindari konsumsi kalori.

Pada dasarnya, kalori bukan satu-satunya yang mempengaruhi berat badan. Anda juga harus tahu jika tubuh butuh asupan kalori. Tapi takarannya harus lebih sedikit. Setidaknya utuh tabel untuk mengetahuinya.

Memang bukan pekerjaan gampang, bung. Untuk mengatur kalori juga tidak bisa dilakukan seorang diri. Anda membutuhkan bantuan ahli gizi agar terhindar dari diet ekstrem yang membayahakan.

Ahli gizi sekaligus Ketua Umum DPP Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), Rita Ramayulis mengatakan bahwa perhitungan semacam itu akurat. Namun perlu berkonsultasi dengan pakar gizi.

“Secara umum akurat, tapi secara personal belum tentu, karena basal metabolisme terkadang tidak sama dengan rumus. Jadi membutuhkan konsultasi khusus dengan ahli gizi jika ingin menunya sesuai yang dibutuhkan tubuh,” kata Rita, dikutip Detik.

Sementara itu, Medical News Today mencatat bahwa untuk menurunkan 0,4 hingga 0,9 kilogram per minggu, seseorang memerlukan 500-1000 kalori lebih sedikit dari jumlah yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Anda bisa mengganti beberapa makanan berkalori tinggi dengan makanan berkalori rendah, meningkatkan asupan air, dan makan lebih banyak serat.

Untuk menentukan berapa banyak kalori yang biasanya dibakar dalam sehari, ada beberapa cara. Yakni menggunakan kalkulator online dan menghitung manual.

Dalam penghitungan manual, orang yang cukup aktif dapat mengalikan berat badan mereka saat ini (dalam hitungan pon atau lbs) dengan 15 untuk memperkirakan berapa banyak kalori yang dibutuhkan setiap hari.

Misalnya, kami memiliki berat badan 58 kg atau setara dengan 127,8 pon, dikalikan 15, menghasilkan 1.917. Angka ini berarti jumlah kalori harian yang dibutuhkan untuk mempertahankan berat badan saat ini. Untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengurangi total kalori.

Kemudian, untuk menentukan asupan kalori demi menciptakan defisit kalori yang sehat, kurangi sekitar 500 kalori dari total kebutuhan kalori harian atau angka di atas.

Artikel Lainnya