Segudang Manfaat Air Putih, Bisa Redakan Asam Urat, Pathui Takaran yang Dianjurkan

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Konon asam urat merupakan penyakit yang berkaitan dengan status sosial. Pada saat meraih kesuksesan, kerap mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Ditambah dengan jarangnya berolahraga.

Sebetulnya, asam urat merupakan salah satu penyakit persendian yang dapat menyebabkan gejala nyeri tak tertahankan. Biasanya asam urat menyerang persendian jari tangan, lutut, pergelangan kaki, hingga jari kaki.

Selain itu, asam urat juga paling banyak menyerang laki-laki. Terlebih pria yang sudah berusia lebih dari 30 tahun. Tetapi, untuk wanita muncul setelah menopause.

Salah satu pemicu asam urat disebabkan makanan yang mengandung purin tinggi. Sebut saja bebek, ikan sarden, seafood tak bersisik, jerohan sapi dan ayam, kulit ayam atau sapi, hingga makanan tak sehat lain.

Mengutip laman National Health Service melalui CNN Indonesia, serangan asam urat biasanya berlangsung selama 5-7 hari. Serangan akan membuat kulit terasa panas, bengkak, nyeri, dan kemerahan di area sendi yang terkena.

Serangan asam urat tak akan menyebabkan kerusakan permanen pada persendian jika segera ditangani. Caranya sederhana. Air putih disebut-sebut bisa membantu meredakan asam urat.

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi air sebanyak delapan gelas per hari membantu menurunkan risiko asam urat hingga 48 persen.

Penulis studi dari Boston University, Tuhina Neogi mengatakan bahwa dehidrasi telah diidentifikasi sebagai pemicu serangan asam urat.

“Minum banyak air dapat membantu mengendalikan serangan asam urat bagi orang-orang yang tidak menjalani pengobatan medis,” ujarnya.

Air putih mampu menghancurkan kristal asam urat yang menimbulkan serangan nyeri.

Anda juga bisa memberikan kompres es batu untuk mengatasi serangan asam urat. Lapisi es batu dengan kain, dan taruh pada area yang terkena. Tempelkan selama 10-15 menit.

Mengutip Everyday Health, cara ini disebut dapat membantu mengurangi peradangan terkait asam urat.

Asam urat memang bisa hilang. Namun, Arthritis Foundation mencatat bahwa meditasi, yoga, dan latihan mindfulness akan membantu mengatasi rasa sakit akibat asam urat dengan lebih baik.

Artikel Lainnya