nyedulur.com

Segarnya Resep Opor Ayam, dengan Atau Tanpa Santan Tetap Nikmat

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tribun.

Masak sajian opor ayam selalu identik dengan perayaan atau hari spesial. Namun, Anda juga bisa mencoba sajian yang memiliki cita rasa gurih ini kapan saja. Apalagi menyantap di tengah musim hujan. Segarnya.

Berikut cara mengelola dan beberapa bahan opor ayam dengan khas santan atau tanpa santan. Dua-duanya bisa dijajal di rumah. Bisa disantap bersama keluarga.

Jenis opor yang paling umum dibuat adalah opor ayam kuah santan. Kuah santan dari opor ini jadi daya tarik utama. Bisa disajikan dengan nasi, ketupat, atau lontong. Berikut cara membuat opor ayam untuk 3-4 porsi, yang disarikan dari CNN Indonesia.

Bahan-bahan utamanya meliputi 1 kg ayam (1 ekor ayam potong), 2 lembar daun salam. 1 batang serai, 4 cm kayu manis, 1 cm lengkuas, 750 cc santan kelapa, 1 liter air, dan minyak goreng secukupnya.

Bahan bumbu halus opor meliputi 10 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, ½ sendok teh merica bulat, 2 cm jahe, 2 cm kunyit, 1 sendok makan ketumbar, 10 butir jintan, garam secukupnya, gula secukupnya, kaldu bubuk ayam secukupnya (opsional).

Nah, untuk cara membuatnya cukup mudah. Pertama bersihkan ayam dan potong menjadi 10 bagian, lalu goreng ayam dalam minyak panas hingga kekuningan.

Memarkan serai dan lengkuas dari bumbu opor. Haluskan bahan bumbu halus kecuali kayu manis dan salam, selanjutnya panaskan kembali minyak dalam wajan secukupnya.

Jangan lupa, tumis bumbu halus dan masukkan salam, kayu manis, dan lengkuas sampai wangi. Kemudian campurkan santan ke dalam bumbu tumis dan aduk hingga rata.

Letakkan ayam goreng ke wajan dan masak sampai mendidih dan empuk. Tambahkan air perlahan hingga mendapatkan tingkat kekentalan yang diinginkan.

Untuk penyedap rasanya, tambahkan garam, gula, kaldu bubuk tambahan hingga rasa sesuai. Jangan lupa tahap akhir sebelum disantap, ya gaes.

Artikel Lainnya