Segarnya, Ini Sensasi Mandi Busa di Rumah dengan Budget Minim, Tapi Bisa Bertahun-tahun, Ikuti Cara Pembuatannya

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Mandi menjadi bagian rutin yang harus dilakukan. Setidaknya rutinitas ini bisa dilakukan minimal dua kali sehari guna menghilangkan kotoran dan penyakit yang menempel pada tubuh.

Apalagi jika mandi sambil berendam. Itu kalau ada bathub di rumah ya, gaes. Mandi sambil berendam bisa menyegarkan pikiran dan menghilangkan kepenatan setelah beraktivitas.

Apalagi jika berendam dengan busa, bisa berjam-jam di dalam kamar mandi. Kini Anda juga bisa membuat busa sendiri. Tidak perlu membeli sabun. 

Berdasarkan penelitian dari University of Wolverhampton melalui CNN Indonesia, bahwa berendam bisa meningkatkan mood dan merangsang perasaan optimisme. 

Rebecca Sullivan, penulis The Art of the Natural Home dan salah satu pendiri merek kesehatan asli Australia Warndu, menyarankan agar lebih sering melakukan ritual mandi.

Dia juga menyarankan agar menambahkan desis, scrub, dan minyak buatan untuk menutrisi kulit dan jiwa.

Jika tak ingin membelinya, bisa membuat bath bomb sendiri di rumah. Bath bomb ini mudah dibuat dan bisa tahan lebih dari setahun jika disimpan dalam wadah kedap udara.

The Singapore Women's Weekly membagikan tips membuat bath bomb. Caranya, siapkan 50 gram tepung arrowroot, 115 gr soda bikarbonat, 50 gr citric acid, 50 gr garam Epsom, 1-1,5 sdt air, 1 sdt essensial oil, 1,25 sdt, minyak zaitun, 1-2 drop pewarna alami, dan cetakan silikon berbentuk bulat.

Caranya mudah. Campurkan tepung arrowroot, soda bikarbonat, citric acid, dan garam epsom ke dalam wadah. Campurkan semuanya sampai rata dan tak bergumpal.

Masukkan air, essential oil, minyak zaitun, pewarna alami ke dalam wadah kecil dan aduk rata.

Tuangkan campuran air secara perlahan ke dalam campuran kering sambil terus diaduk. Tuang perlahan-lahan. Campuran akan berbusa jika dituang terlalu cepat.

Setelah semua tercampur, ambil sedikit dan peras sampai air habis. Campuran harus menempel satu sama lain dengan baik. Jika tidak tercampur, bisa tambahkan sedikit air. Gampang, kan.

Isi setengah bagian cetakan bola. Tekan sampai rata dan menempel. Biarkan campuran mengering selama 10 menit sebelum dikeluarkan dari cetakan.

Isi kembali setengah bagiannya dan kembali diamkan. Gabungkan kedua bagian bola dan biarkan mengering semalaman, tahap terakhir simpan dalam tempat kering dan wadah kedap udara.

Artikel Lainnya