Segarnya Es Oyen Bandung, Pas untuk Takjil Buka Puasa, Resepnya Gampang, Coba Kuy

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Buka puasa disarankan dengan makanan atau minum yang manis. Tapi, jangan terburu-buru dengan makanan berat atau menu utama. Cobalah makanan pembuka atau biasa disebut dengan takjil.

Setelah pilihlah minuman yang segar, untuk melepas dahaga. Omong-omong minuman segar tidak ada salahnya mencoba di rumah. Tidak perlu membeli.

Salah satu menu minuman segar yang bisa dicoba adalah es oyen. Bahan dan caranya mudah untuk diaplikasikan di rumah.

Bahan utamanya siapkan 25 gram sagu mutiara rebus di dalam air kemudian beri tiga tetes pewarna merah, 100 gram tape singkong, potong dadu 100 gram kolang kaling (rebus), potong dadu 100 gram melon, dan potong dadu 100 gram blewah, potong dadu 100 gram nangka,

Selanjutnya potong dadu satu buah alpukat (ambil daging buahnya), satu buah kelapa muda (keruk daging buahnya), lima sendok makan susu kental manis, dan 500 gram es serut

Untuk bahan agar-agarnya, siapkan pula satu bungkus agar-agar merah, 1/2 sendok teh jeli instan, 700 ml air, dan 150 gram gula pasir.

Selanjutnya untuk bahan sirup siapkan 250 gram gula pasir, 400 ml air, dua lembar daun pandan wangi, dan dua buah mata nangka yang dipotong-potong.

Cara membuatnya sederhana. Pertama buat sirupnya dulu. Rebus semua bahan sirup, kemudian sisihkan agar dingin.

Lanjutkan dengan membuat agar-agar, rebus semua bahan agar-agar, cetak, dinginkan dan potong kotak-kotak.

Dalam satu mangkuk, masukkan kelapa muda, nangka, alpukat, melon, blewah, kolang-kaling, tapai singkong. Beri es serut di bagian atasnya. Tambahkan sagu mutiara dan agar-agar. Siram sirp dan susu kental manis.

Wah, segarnya. Es oyen bandung siap disajikan.

Artikel Lainnya