Segarnya Buah Semangka, Manfaatnya Banyak untuk Kesehatan, Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Semangka salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Itu sebabnya semangka kerap djadikan campuran aneka es buah. Selain itu, buah ini juga sering dijadikan kudapan di berbagai acara.

Selain itu, buah yang selalu menjadi andalan untuk pelepas dahaga di saat musim kemarau ini juga menyimpan beribu khasiat untuk kesehatan tubuh.

Sebut saja seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan asam amino. Tak ketinggalan juga kandungan potassium ada di dalam buah berwarna merah ini.

Berikut beberapa manfaat buah semangka yang sayang untuk dilewatkan yang sudah dilansir dari Cermati.

Salah satu kandungan utama yang dimiliki semangka adalah likopen. Kandungan tersebut ternyata mampu meningkatkan kesehatan prostat pria. Likopen dipercaya mempunyai kualitas antioksidan yang baik.

Seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh salah satu perguruan tinggi asal Chicago. Dalam penelitian tersebut ditemukan jika pasien yang mendapatkan asupan likopen sebelum melakukan prostatektomi memiliki tingkat kerusakan jaringan prostat lebih rendah.

Jadi, rutin mengonsumsi semangka dan mendapatkan nutrisi likopennya, Anda dapat menjaga kesehatan jaringan prostat.

Buah ini juga bisa mereduksi asma, atau penyakit sistem pernapasan yang membuat penderitanya merasa kesulitan untuk bernapas.

Biasanya, seseorang yang menderita penyakit ini memiliki kandungan vitamin C yang rendah. Rendahnya kadar vitamin C itulah yang seringkali menjadi penyebab penyakit asma sering kambuh.

Nah, dengan adanya kandungan vitamin tersebut, penderita asma dapat memperkecil potensi penyakit tersebut untuk muncul kembali. Selain itu, berdasarkan penelitian, ditemukan jika vitamin C juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan lebih banyak lagi khasiat yang menyehatkan.

Menjaga kesehatan dan asupan bagi ibu yang sedang hamil sebaiknya menjadi prioritas. Pasalnya, jika tidak menjaga pola makanan dan nutrisinya, kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya dapat terancam.

Oleh karena itu, agar ibu hamil bisa tetap sehat dan calon buah hati dapat terlahir dengan sempurna, pastikan untuk menjaga asupan yang diberikan.

Dalam buah semangka, terdapat senyawa asam folat yang tinggi. Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, senyawa tersebut dapat menjaga kesuburan kandungannya. Senyawa tersebut juga dapat mencegah bayi untuk terlahir dengan cacat fisik maupun saraf.

Artikel Lainnya