Sedih Lihat Kucing Sakit, Tenang, Ada Cara Sederhana Beri Pertolongan Pertama

Nyedulur
  • 11 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Reader's Digest.

Memiliki hewan peliharaan bisa melatihkan rasa tanggung jawab. Setidaknya bisa melihat kondisi hewan melalui tingkah laku maupun suaranya. Bila tidak sehat, pemilik biasanya ikut sedih, karena khawatir ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Kucing misalnya. Jika dilepas, kerap bermain di tempat kotor. Bisa-bisa makan sembarangan. Terlebih bila ada orang jahat, yang sengaja memberi makanan tidak sehat. Hal ini bisa membuat kesehatan kucing terganggu.

Tenang, gaes. Bagi pemilik kucing bisa menerapkan beberapa cara agar merasa nyaman saat kucing sakit atau cedera. Tapi bukan pekerjaan gampang mengenali kucing yang sakit atau terluka.

Pahami dulu tanda-tanda anabul yang sehat dan bahagia. Lihatlah mata yang tampak jernih, nafsu makan baik, buang air dengan normal, hingga bulu dan kulitnya tampak bersih.

Selain itu, mengutip Merdeka, hewan peliharaan juga bergerak dengan leluasa dan bernapas tanpa mengeluarkan suara yang aneh.

Jika terjadi perubahan yang mendadak di satu atau beberapa tanda ini, bisa jadi itu tanda-tanda kucing sedang sakit atau terluka. Bisa konsultasi dengan dokter hewan.

Alangkah baiknya memeriksa kesehatannya dengan beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah.

Saat sakit atau cedera, kucing biasanya akan tidur lebih lama untuk memulihkan kesehatannya. Seperti manusia, terlalu banyak gangguan dapat mengganggu proses pemulihannya atau memicu stres.

Oleh karena itu, cari tempat yang tenang dan nyaman, serta sediakan tempat tidur yang empuk. Gunakan kandang kecil dan letakkan di area yang mudah diperiksa secara teratur.

Tak hanya itu, kucing dikenal jarang minum dan biasanya mendapatkan asupan cairan dari makanannya. Tapi jika anabul Anda terlihat kesulitan makan, jaga kucing tetap terhidrasi dengan menyediakan air minum yang sering diganti di dekatnya.

Bisa juga menambahkan rasa pada air minumnya seperti kaldu ayam untuk mendorongnya lebih banyak minum.

Ada beberapa kucing yang terus mengeong minta ditemani saat sakit. Berikan belaian yang lembut untuk membuatnya merasa lebih baik dan terasa hangat.

Tapi sebaiknya jangan melakukannya saat anabul tertidur karena dapat mengganggu waktu istirahatnya.

Bisa juga mengelusnya dengan bantuan kapas lembap yang menghadirkan sensasi seolah-olah ada kucing lain yang tengah merawatnya. Pastikan untuk membersihkan mata, telinga, dan hidungnya dengan lembut.

Artikel Lainnya