Sebelum Puasa, Coba Deh Periksa Kesehatan, Saran Dokter Sih, Begini.....

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Universitas Airlangga.

Sudah tak terasa sebentar lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadan. Pasti menjadi hal yang menyenangkan karena masih bisa merasakan ibadah puasa bersama keluarga

Namun tentunya saat akan menjalani ibadah puasa, Anda juga harus tetap menjaga kesehatan, agar imun tidak turun. Puasa kali ini Anda masih menjalankannya di tengah pandemi Covid-19.

Maka dari itu, sebelum menjalankan puasa, ada baiknya melakukan berbagai persiapan. Salah satunya memeriksakan kesehatan. Khususnya soal gula darah dan lemak darah, layaknya dikutip dari CNN Indonesia.

Dokter spesialis penyakit dalam Imelda Maria Loho mengungkapkan, di antara keduanya, pemeriksaan gula darahlah yang harus didahulukan. Terlebih lagi orang yang sudah setahun penuh tak melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Yang prioritas adalah gula darah, karena bila ada diabetes sebelumnya atau yang sebelumnya tidak terdeteksi bisa dilakukan penanganan. Dikhawatirkan nanti gula darahnya bisa terlalu drop atau terlalu tinggi usai puasa,” ujar Imelda.

Selain gula darah, pemeriksaan kedua yang wajib menjadi prioritas adalah pemeriksaan lemak darah atau kolesterol. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki masalah kolesterol tinggi atau tidak.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan langkah yang penting agar puasa benar-benar memberikan manfaat maksimal bagi kesehatan.

Yang jadi masalah, kata Imelda, saat berbuka puasa, sebagian orang memiliki kecenderungan untuk mengonsumsi makanan tanpa memikirkan nilai gizi seimbang sehingga dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol.

Artikel Lainnya