nyedulur.com

Sebelum Bepergian Perhatikan Anjuran Pemerintah, Ikuti Aturannya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Suara.com.

Momen libur akhir tahun telah dipangkas pemerintah. Tidak ada lagi libur panjang seperti tahun-tahun sebelumnya. Libur Natal dan Tahun Baru tahun ini sangat pendek.

Namun begitu, banyak masyarakat yang diperkirakan memanfaatkan libur akhir tahun untuk berpelesir. Meski sekadar mengunjungi sanak keluarga atau mencari makan.

Tidak ada salahnya mengunjungi keluarga di luar kota. Tapi perhatikan beberapa hal, agar tidak ikut memperparah penyebaran virus corona.

Terutama bagi yang ingin keluar kota dengan membawa kendaraan pribadi. Untuk perjalanan darat dengan kendaraan pribadi di dalam Pulau Jawa atau menuju Pulau Jawa, tidak diwajibkan menyertakan surat keterangan hasil rapid test antigen.

Dikutip dari Kumparan, aturan itu dijelaskan bahwa membawa surat hasil rapid test antigen bagi pengguna kendaraan pribadi sifatnya hanya imbauan.

“Untuk pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi darat di dalam serta menuju Pulau Jawa, baik pribadi maupun umum, diimbau menggunakan rapid test antigen paling lama 3x24 jam sebelum keberangkatan,” tulis aturan pemerintah.

Berbeda dengan perjalanan darat di dalam Pulau Jawa. Bagi yang hendak melancong ke Bali, Anda diwajibkan menyertakan surat keterangan hasil rapid test antigen.

Aturan ini juga tercantum dalam SE Nomor 3 Tahun 2020 yang diterbitkan Satgas COVID-19. Berikut lengkapnya.

Artikel Lainnya