Sampah Kayu Sumbat Kali Sadar, Tiga Rumah di Mojokerto Terendam Banjir

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Hujan tidak terlalu deras di sejumlah Kawasan Mojokerto dan sekitarnya. Namun durasi yang cukup lama itulah menyebabkan banjir di Desa Gayaman, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto pada Minggu 31 Januari 2021.

Berdasarkan keterangan dari BPBD setempat, banjir dengan durasi lama itu membuat Kali Sadar meluap. Selain intesitas hujan, Kawasan hulu juga dilanda hujan yang cuku deras.

“Akibatnya meningkatkan debit air pada sungai di beberapa lokasi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini, dikutip dari Beritajatim, Senin 1 Februari 2021.

Dia menyebut luapan anak sungai Kali Sadar di Dusun/Desa Gayaman, merendam tiga rumah warga dan sebuah masjid. Dalam kesempatan itu, Zaini juga menyebut luapan air disebabkan penyumbatan sampah kayu.

Masih kata Zaini, ketinggian air di jalan kurang lebih 10 cm. Sementara di Dusun Tambakrejo, Desa Gayaman, Kecamatan Mojoanyar, puluhan rumah terancam luapan banjir.

Tingginya banjir ini membuat sejumlah warga mengantisipasi air masuk ke dalam rumah.

“Ada 10 rumah di RT 4 RW 3 dan 15 rumah di RT 5 RW 3 terancam terdampak banjir luapan. Namun air di kedua dusun mengalami penurunan meski air belum surut total,” Zaini menambahkan.

Artikel Lainnya